Minggu | 08 Desember 2019
Masjid Cheng Ho Rohil akan Datangkan 5.000 Pengunjung Setiap Bulan
Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) meyakini objek wisata religi masjid.


Minggu | 08 Desember 2019
PSMTI Dapat Membantu Pembangunan dan Mensejahterakan Masyarakat Riau
Warga Tionghoa sangat berperan dalam perkembangan ekonomi di Provinsi Riau..


Kamis | 05 Desember 2019
PSMTI Riau Audiensi Dengan Wagubri
Menjelang pengukuhan dewan dan pelantikan pengurus Paguyuban Sosial Marga.

Rubrik : inhu
Puskesmas Pangkalan Kasai Sweeping Balita yang Belum Imunisasi Dasar
Editor : wisly | Penulis: dasmun
Senin , 00 0000
ilustrasi

RENGAT - Pelayanan maksimal terus dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), melalui UPT Puskesmas Jajaran. Salah satunya melakukan sweeping atau penyisiran terhadap balita yang belum mendapatkan imunisasi dasar.

Seperti halnya yang dilakukan oleh pihak Puskesmas Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida, saat ini tengah gencar melakukan sweeping terhadap balita yang belum di imunisasi.

"Kami saat ini tengah melakukan sweeping terhadap balita yang belum mendapatkan imunisasi dasar dan boster, dengan tujuan agar seluruh balita di Kecamatan Sebrida, bisa mendapatkan imunisasi," kata Didik Tri Setia Budi A Md Kep, salah satu petugas kesehatan dari Puskesmas Pangkalan Kasai,  di Posyandu Melati, Desa Kelesa.

Menurutnya, penyisiran ini merupakan progam pemerintah dengan tujuan balita yang belum diberi imunisasi bisa terjaring dan diberikan imunisasi susulan. Selain itu, pada sweeping imunisasi dasar ini, kita berharap tidak ada lagi balita yang tertinggal yang belum diimunisasi.

"Untuk Kecamatan Seberida sendiri, kita sudah laksanakan sweeping di 3 desa termasuk desa Kelesa, kami menargetkan balita yang mendapatkan imunisasi di kecamatan Seberida dapat mencapai 100 persen, minimalnya 95 persen," tambahnya.

Dari hasil evaluasi kami dengan cara seperti ini, lanjutnya, ternyata belum ditemukan adanya orang tua yang menolak anaknya untuk diimunisasi. 

Menurutnya, tingkat partisipasi ibu - ibu yang membawa bayinya untuk diimunisasi cukup tinggi, ini karena pihak puskesmas dan jajaran telah dilakukan sosialisasi terhadap ibu-ibu yang mempunyai balita, sehingga mereka sebagai orang tua sadar betul betapa pentingnya imunisasi terhadap balita, agar  kesehatan si bayi tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

Untuk desa Kelesa terdapat 10 balita yang dibawa ibunya untuk diberikan imunisasi dasar. "Ada 10 balita, pada saat dilaksanakan sweeping yang bertempat di Posyandu Melati, Desa Kelesa," ujar Rinti Padriani A Mk, Kapustu Desa Kelesa.*




Berita Lainnya