12 Muharram 1444 H / Rabu, 10 Agustus 2022
Harmoni DJKN dan Pemprov Riau Sukseskan Gebyar Lelang UMKM | METRORIAU.COM

Agu 2022
10


Harmoni DJKN dan Pemprov Riau Sukseskan Gebyar Lelang UMKM
etalase | Kamis, 4 Agustus 2022
Editor : wislysusanto | Penulis : rls

PEKANBARU - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pekanbaru bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Riau sukses menyelenggarakan Gebyar Lelang Produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Lelang berlangsung di Balai Serindit, Kamis, (4/8/2022).
 
Kegiatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 dan Ulang Tahun Riau ke 65. Turut dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur beserta para Bupati di wilayah Provinsi Riau,

Kemudian Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Kepala Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau, Kepala KPKNL Pekanbaru, para Pimpinan Perangkat Daerah, Satuan Kerja, dan Perbankan hingga pelaku UMKM di wilayah Provinsi Riau.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban menyampaikan di tengah terkendalinya pandemi covid-19, masih ada ancaman-ancaman baru bagi pertumbuhan nasional, seperti isu geo politik, lonjakan harga komoditas, dan peningkatan inflasi global. Dalam situasi seperti ini terdapat satu sektor yang tangguh dan cukup kuat, yaitu sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). “Sebagaimana kita ketahui bersama, sektor ini telah menjadi tulang punggung perekonomian di Tanah Air,” serunya.

Di tingkat nasional, banyak program yang dilaksanakan pemerintah untuk memperkuat serta memberdayakan UMKM, antara lain program Kredit Usaha Rakyat (KUR), subsidi suku bunga untuk pembiayaan modal UMKM, program perpajakan untuk pelaku UMKM, dan Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) sendiri, sejak tahun 2021 telah menyelenggarakan kegiatan Kompetisi dan Inovasi Lelang Sukarela Produk UMKM (KEDAI Lelang UMKM) yang diikuti oleh KPKNL di seluruh Indonesia. Kegiatan Gebyar Lelang ini menjadi salah satu inovasi lelang yang diusung KPKNL Pekanbaru untuk mendorong serta memberdayakan produk UMKM di wilayah kerja KPKNL Pekabaru.

Rio menyampaikan  dengan digitalisasi layanan lelang melalui www.lelang.go.id dan sebaran kantor layanan lelang, baik milik pemerintah maupun swasta di seluruh Indonesia diharapkan mampu memfasilitasi pelaku UMKM untuk memperkenalkan dan menjual produknya ke berbagai wilayah Indonesia. Harapan utamanya adalah UMKM dapat menambah omset penjualan dan pendapatan karena mekanisme lelang ini. Bahkan untuk mendorong pelaku UMKM tertarik melakukan penjualan melalui mekanisme ini dan masyarakat tertarik membeli produk-produk UMKM melalui lelang, pemerintah menurunkan tarif bea lelang sampai dengan nol persen. Semoga dengan adanya kebijakan tersebut dapat menarik atensi dan pelaku UMKM untuk ikut terlibat dan melaksanakan penjualan melalui lelang.

Gubernur Riau Syamsuar memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Gebyar Lelang. Gubri setuju  sektor UMKM merupakan penyumbang terbesar perekonomian, baik di tingkat nasional maupun di tingkat Propinsi Riau. Karena itu Pemerintah sangat mendukung pemulihan UMKM pada saat pandemi maupun setelahnya.
 
Dikatakannya, Pemerintah Provinsi Riau terus mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang mendukung pengembangan UMKM dalam mengatasi permasalahan yang ada. UMKM Provinsi Riau diharapkan  dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam seluruh lini bisnisnya, sehingga bisa naik kelas, memiliki produk yang berkualitas baik dan mampu bersaing di tingkat nasional, bahkan bisa menembus pasar ekspor. “Kita juga berharap UMKM di Propinsi Riau sebagai salah satu pilar ekonomi dapat semakin memperkokoh ekonomi Propinsi Riau menuju Riau Unggul”, sambungnya.

Atas dasar itulah, kerjasama Pemerintah Propinsi Riau dengan Kementerian Keuangan, khususnya Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, dalam melakukan pemasaran dan penjualan produk UMKM melalui mekanisme lelang menjadi sangat berarti. Dengan kerjasama ini, para pelaku UMKM di Propinsi Riau dapat memanfaatkan platform lelang.go.id dalam melakukan pemasaran dan penjualan produk-produk, dengan hampir tidak ada biaya sama sekali.

Pada Gebyar Lelang kali ini Dirjen Kekayaan Negara berkesempatan hadir tatap muka bersama dengan Gubernur Riau, setelah tahun sebelumnya Dirjen KN mengikuti Gebyar Lelang hanya melalui daring. Para pelaku UMKM Riau, yaitu Gerai Sangsa, Rumah Tamadun, Balai Musik Riau, Wood Craft, Rumah Madu Wilbi, Dapur Aru, KUB Cendrawasih, Dina Septina, Embong, dan CV Ratatia Indonesia Berkah menawarkan 82 produk yang terdiri dari kategori hasil seni dan kerajinan, kain, pakaian, tas dan produk makanan. Tujuh puluh dua diantaranya akan dilelang online melalui lelang.go.id dan 10 produk dijual melalui lelang konvensional di Balai Serindit.

Pelaksanaan lelang konvensional dipandu oleh Pelelang Ahli Muda KPKNL Pekanbaru, Ramli Simbolon. Semua produk lelang konvensional laku terjual dan  mencapai total harga Rp42.400.000,00 juta. Nilai ini naik 225 persen dari total nilai limit sebesar Rp18.850.000,00. Gubernur Riau memenangkan lelang produk lukisan bakar pirografi ‘Istana Siak Sri Indrapura’ senilai Rp5.000.000,00, sedangkan Dirjen KN memenangkan sepasang kain siku pepanji berwarna ungu manggis seharga Rp8.000.000,00. Persaingan sengit antara para peserta lelang terjadi pada setiap produk yang ditawarkan. Satu produk alat musik gambus yang sempat dimainkan dan memukau para pendengarnya berhasil mencapai harga Rp12.000.000,00, dari nilai limit Rp5.000.000,00.

Keberhasilan penjualan produk UMKM melalui lelang ini membuktikan bahwa lelang dapat menjadi media yang efektif untuk memasarkan produk UMKM kepada khalayak luas dan turut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional dengan mendorong bangkitnya para pelaku UMKM di seluruh Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Riau.
Dengan semangat perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan RI bertemakan “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, diharapkan harmoni DJKN dan Pemerintah Provinsi Riau melalui kegiatan Gebyar Lelang Produk UMKM ini dapat turut mewujudkan “Riau Unggul”.*

 

Indeks Terbaru
nasional, Rabu, 10 Agustus 2022
Kemendag Sidak Pabrik Baja
pelalawan, Rabu, 10 Agustus 2022
Sertijab Kasatpol PP, Ini Pesan Bupati Pelalawan
etalase, Rabu, 10 Agustus 2022
Gubri Ajak Masyarakat Jaga Marwah Melayu
pekanbaru, Selasa, 9 Agustus 2022
Peringatan Hari Jadi Riau ke-65, Kemendagri RI Sampaikan Hal Ini
hukum, Selasa, 9 Agustus 2022
Gelapkan Uang Rp203 Juta, Warga Bagan Sinembah Ditahan

pekanbaru, Selasa, 9 Agustus 2022
2023, Jalan Lingkungan di Pekanbaru Terancam Tanpa Penerangan
kampar, Selasa, 9 Agustus 2022
Mahasiswa Kukerta dan PHBI Gelar Berbagai Acara
dunia, Selasa, 9 Agustus 2022
Pasukan Israel Bunuh Dua Orang Palestina di Tepi Barat
inhu, Selasa, 9 Agustus 2022
Kelompok Tari Pengrajin Talang Mamak Gelar Lokakarya
pekanbaru, Selasa, 9 Agustus 2022
Gubri Inspektur Upacara HUT Riau ke-65

pelalawan, Selasa, 9 Agustus 2022
Wisuda Kampus ITP2I, Bupati Pelalawan Beri Beasiswa Untuk Wisudawan Terbaik
etalase, Selasa, 9 Agustus 2022
BOB Berakhir WK CPP Dikelola 100 Persen Daerah
kampar, Senin, 8 Agustus 2022
Pj Bupati Kampar Berharap IPRY- KK Dapat Membangun Daerah
huawen, Senin, 8 Agustus 2022
Perayaan HUT IKPTB dan Pelantikan Dewan Pengurus
etalase, Senin, 8 Agustus 2022
Eka Hospital Hadirkan Dokter Spesialis di Seminar Medis Ortopedi
hukum, Senin, 8 Agustus 2022
Pengurus Masjid Nurul Yaqin Dumai Amankan Pencuri Uang Kotak Amal
sportainment, Senin, 8 Agustus 2022
Manc City Bungkam West Ham, Haaland Cetak 2 Gol
pekanbaru, Senin, 8 Agustus 2022
Pembangunan Menara Masjid Paripurna Al-Hidayah Dimulai
sportainment, Minggu, 7 Agustus 2022
Bagnaia Juara Sirkuit Silverstone, Ini Hasil Lengkapnya
pekanbaru, Minggu, 7 Agustus 2022
Kapolsek Payung Sekaki Cek Embung dan Kanal
potensa, Minggu, 7 Agustus 2022
Hotel Grand Elite Meriahkan HUT Riau Lewat Gelaran Riau Art Culture Day
pekanbaru, Minggu, 7 Agustus 2022
Satpol PP Jaring 14 Pasang Muda-mudi di Penginapan Kelas Melati
inhu, Minggu, 7 Agustus 2022
Pacu Sampan Mini Antar OPD Berakhir, Bagian Umum Juara
kampar, Minggu, 7 Agustus 2022
Pj Bupati Lepas Kegiatan Media Gathering JMSI Kampar ke Sumbar
huawen, Minggu, 7 Agustus 2022
350 Warga Ikuti Jalan Santai

Politik
Senin, 1 Agustus 2022
Resmi Daftar ke KPU, Hary Tanoesoedibjo Optimis Partai Perindo Raih 60 Kursi DPR RI
Minggu, 31 Juli 2022
KPU Sebut Sembilan Partai Daftar Pemilu Pada Senin
Minggu, 31 Juli 2022
KPU Inhu Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024

Hukum
Selasa, 9 Agustus 2022
Gelapkan Uang Rp203 Juta, Warga Bagan Sinembah Ditahan
Senin, 8 Agustus 2022
Pengurus Masjid Nurul Yaqin Dumai Amankan Pencuri Uang Kotak Amal
Jumat, 5 Agustus 2022
Terkenal Licin, Pembunuh Keponakan Ditangkap di Medan Setelah 9 Tahun Buron

OTOMOTIF
otomotif, Rabu, 3 Agustus 2022
Toyota Bakal Gelar Veloznation "Rise Up, Go Higher" di Asia Farm Hayday
otomotif, Minggu, 31 Juli 2022
Mitsubishi Kenalkan New Colt L300 di Riau
otomotif, Minggu, 24 Juli 2022
CDN Riau Luncurkan Skutik New Honda ADV160

OTOMOTIF

ETALASE
etalase, Rabu, 10 Agustus 2022
Gubri Ajak Masyarakat Jaga Marwah Melayu
etalase, Selasa, 9 Agustus 2022
BOB Berakhir WK CPP Dikelola 100 Persen Daerah
etalase, Senin, 8 Agustus 2022
Eka Hospital Hadirkan Dokter Spesialis di Seminar Medis Ortopedi