Minggu | 20 Oktober 2019
Lions Club Operasi Gratis 88 Penderita Katarak
Organisasi dunia yang konsen terhadap pengabdian kemanusian, Lions Club (LC).


Minggu | 20 Oktober 2019
IKPTB Berhasil Kumpulkan 240 Kantong Darah
Ikatan Keluarga Persaudaraan Tionghoa Bengkalis (IKPTB) mengadakan kegiatan.


Kamis | 17 Oktober 2019
Perayaan Hari Raya Kathina Dana dan Hari Besar Bodhisatva Mahasthamaprapta
Persamuan Umat Buddha (PUB) Bodhisatva Mahasthamaprapta Pekanbaru Jalan.

Rubrik : siak
Muslim dan Mualaf Dusun Tanjung Pal Siak Perlu Mubaligh
Editor : wisly | Penulis: Novi Kawandi
Jumat , 23 Agustus 2019
ACT Riau foto bersama di Dusun Tanjung Pal

PEKANBARU - Umat Islam dan Mualaf Dusun Tanjung Pal, Desa Penyengat, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, berharap akan hadirnya pengajar agama Islam diperkampungan itu. Pasalnya, saat ini umat daerah tersebut merasa pembinaan keagamaan sangat kurang.

Setidaknya terdapat 30 keluarga muslim diantara 300 keluarga yang ada di Dusun Tanjung Pal. Artinya, hanya 10 persen penduduk Tanjung Pal beragama Islam. Hal ini terungkap saat kunjungan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Riau bersama Pejuang Subuh Siak, beberapa waktu lalu.

"Karena itu kami berharap perhatian untuk pembinaan agama Islam. karena selama ini tidak banyak ustadz yang ada di sini," kata Pembina Muallaf Dusun Tanjung Pal, Ustadz Mursyiddin.

Mursyiddin menjelaskan, bahwa ghiroh masyarakat Dusun Tanjung Pal untuk belajar agama Islam sudah cukup tinggi. Hanya saja pendukungnya yang kurang.

"Misalnya Mubaligh, sangat jarang yang datang kesini. Makanya kami ingin daerah ini menjadi perhatian terutama untuk bidang pendidikan dan dakwahnya," sebutnya.

Sementara itu, Marketing komunikasi (Markom) ACT Riau, Wahyu mengatakan, untuk mengirimkan Dai ke Wilayah Dusun Tanjung Pal sebenarnya bukan pekerjaan yang sulit, asal ada kolaborasi dan dukungan antara masing-masing pihak.

"Meskipun medan menuju Dusun Tanjung Pal ini cukup sulit dan jauh dari kota, tapi sebenarnya bukan hal sulit, bisa saja kita konsepkan seperti apa programnya, sehingga kedepannya bisa rutin mengirim dai untuk mengajarkan agama Islam di Dusun Tanjung Pal," kata Wahyu dalam rilis.

ACT Riau sendiri mengaku ingin turut serta dalam program dakwah di wilayah Dusun Tanjung Pal ini. Termasuk dalam mengirimkan mubaligh.

"Kita ingin mengambil peran dalam Pembinaan muslim dan mualaf di Dusun Tanjung Pal, kita berharap kedepannya bisa sama-sama dikonsepkan seperti apa program dakwah yang dijalankan disini," jelasnya.

Saat ini, telah terjalin komunikasi Antara  ACT bersama Pejuang Subuh Siak, Baznas Kabupaten Siak, dan MUI Kabupaten Siak.*




Berita Lainnya