Selasa | 05 November 2019
PSMTI Audiensi ke Kapolda Riau
Jajaran pengurus Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi.


Rabu | 30 Oktober 2019
Ribuan Umat Hadiri Perayaan HUT Dewa Chu Hu Tai Din
Ribuan umat menghadiri perayaan ulang tahun Dewa Chu Hu Tai Din (Tua Lang.


Selasa | 29 Oktober 2019
Malam Ini, Hadirkan Hiburan Untuk Masyarakat Sekitar
Perayaan HUT Dewa Chu Hu Tai Din (Tua Lang Kong) di Tempat Ibadah Tri Dharma.

Rubrik : bengkalis
Agustus, BPBD Bengkalis Tangani 20 Kasus Bencana Alam
Editor : wisly | Penulis: Zul
Kamis , 05 September 2019
LAKUKAN PEMADAMAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis tengah melakukan pemadaman lahan terbakar. (ist)

BENGKALIS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis telah menangani sebanyak 20 kasus Kejadian Bencana Alam (KBA) di wilayah Kabupaten Bengkalis, selama bulan Agustus 2019.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis Tajul Mudarris, di Bengkalis, Kamis (5/8). Dia merinci, kasus/kejadian dimulai dari tanggal 1-14 Agustus 2019, telah terjadi kebakaran lahan gambut di Jalan Poros Sungai Alam selat Baru, kebakaran di Jalan Siak Desa simpang Padang Kecamatan Bathin Solapan, kebakaran lahan gambut di simpang Durian Kelurahan Batu Panjang Kecamatan Rupat, dan tanggal 6 Agustus 2019 kebakaran lahan gambut di Jalan Belkang Tinggi Hitam Cucut Desa Buluh Manis Kecamatan Bathin Solapan.

Kemudian, terang Tajuk Mudarris, pada 6-14 Agustus 2019 kebakaran lahan gambut di Desa Buluh Manis Kecamatan Bathin Solapan, kebakaran lahan gambut di Jalan Nusantara Dusun 2 Pangkalan Durian Desa Darul Aman Kecamatan Rupat, kebakaran lahan di Dusun Pemisi Desa Pangkalan Libut Kecamatan Pinggir, Kebakaran lahan Desa Buluh Apo Kecamatan Pinggir, dan kebakaran lahan di Jalan Sri Permai dan Jalan parit Usup Desa Bantan Tua Kecamatan Bantan.

Selanjutnya, lanjutnya lagi, tanggal 10-14 Agustus 2019 terjadi juga kebakaran lahan di Dusun Mertas Desa Muara Kecamatan Siak Kecil, kebakaran lahan gambut di Jalan Kampung Delik Kelurahan Tanjung Kapal Kecamatan Rupat, kebakaran lahan gambut di perbatasan antara PT Priatama dan PT SRL Desa Darul Aman Kecamatan Rupat, serta tanggal 14 Agustus 2019 masih terjadi kebakaran lahan gambut di Jalan Batu Desa Beringin Kecamatan Talang Muandau.

Sementara pada 19-21 Agustus kebakaran lahan gambut di perbatasan antara PT Priatama dan lahan masyarakat Kelurahan Tanjung Kapal Kecamatan Rupat, kebakaran lahan di Jalan Ahmad Yani Desa Pakning  asal perbatasan Desa Sejangat Kecamatan Bukit Batu, kebakaran lahan Jalan Makam Wonosari  Barat Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis.

Pada 23-25 Agustus 2019, sambungnya, kebakaran lahan Dusun Mertas Desa Muara Kecamatan Siak Kecil, kebakaran lahan di Desa Pangkalan Libut Kecamatan Pinggir. Lalu, tanggal 24-31 Agustus 2019, kebakaran lahan Dusun 4 Suka Damai Desa Bukit Kerikil Kecamatan Bandar Laksamana, dan kebakaran lahan di Jalan Pematang Tuba 2 Desa Pematang Obo Kecamatan Bathin Solapan.

Tajul mengingatkan masyarakat agar menjaga lahan yang dimiliki agar tidak terbakar. “Meskipun bukan kita yang membakarnya, tapi kalau lahan kita terbakar, kita ikut diproses. Jadi jaga lahan kita masing-masing agar tidak terbakar,” pesan Tajul.

Dia menambahkan, banyak kerugiaan yang timbul bila terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). “Bukan saja dari sisi kesehatan maupun ekonomi. Tetapi juga dari aspek hukum. Saat ini ada warga kita yang diproses. Agar tidak terkait masalah hukum karhutla, jaga lahan kita supaya tidak ikut terbakar,” ucapnya.*
 




Berita Lainnya