Minggu | 20 Oktober 2019
Lions Club Operasi Gratis 88 Penderita Katarak
Organisasi dunia yang konsen terhadap pengabdian kemanusian, Lions Club (LC).


Minggu | 20 Oktober 2019
IKPTB Berhasil Kumpulkan 240 Kantong Darah
Ikatan Keluarga Persaudaraan Tionghoa Bengkalis (IKPTB) mengadakan kegiatan.


Kamis | 17 Oktober 2019
Perayaan Hari Raya Kathina Dana dan Hari Besar Bodhisatva Mahasthamaprapta
Persamuan Umat Buddha (PUB) Bodhisatva Mahasthamaprapta Pekanbaru Jalan.

Rubrik : pekanbaru
Wiranto Sebut Kepala Daerah Punya Peran Besar Cegah Karhutla
Editor : wisly | Penulis: Rivo
Selasa , 17 September 2019
Konferensi Pers

PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sudah terjadi di Riau dalam kurun waktu tiga bulan terakhir ini, menjadi PR besar bagi seluruh pemerintah Provinsi Riau, termasuk Pemerintah Pusat.

Saat konferensi Pers Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto, senin (16/9) malam di Hotel Novotel mengatakan, seperti yang sudah di sampaikan oleh bapak Presiden Jokowi tadi, bagaimana kita lebih mangaktifkan atau melakukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah tritorial Indonesia.

Terutama di lima Provinsi yang saat ini kita anggap sebagai wilayah kritis yang menghadapi karhutla, salah satunya Provinsi Riau. "Tentunya kita sangat bersyukur karena Presiden langsung berikan perhatian penuh pada penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)," sebut Wiranto.

"Mulai sekarang marilah kita jaga hutan kita supaya kedepannya tidak terjadi kebakaran lagi, karena hutan Indonesia itu termasuk paru-paru dunia, sehingga kalau hutan Indonesia terbakar, seluruh duniapun melakukan perhatian khusus," tambah Wiranto.

Oleh karena itu, lanjutnya, Presiden turun tangan dengan hal ini. Presiden juga menekankan pencegahan lebih penting daripada penanggulangan, artinya lebih baik kita bersusah payah untuk mencegah supaya tidak terjadi kebakaran hutan, sebab kalau sudah terbakar maka tenaga yang kita keluarkan itu tambah lebih besar daripada mencegahnya.

Kedepan nanti, kita titik berat bagaimana kita mengaktifkan dan mencoba melakukan langkah-langkah untuk lebih giat lagi mencegah supaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Tanggung jawab daerah ini harus di utamakan, karena yang punya daerah adalah pemerintah daerah, dan yang punya tanggung jawab adalah kepala daerah dan jangan hanya tergantung dengan pemerintah pusat. Untuk mencegah dan melakukan penanggulangan adalah peran besar kepala daerah, kabupaten/kota," jelasnya.

Ditambahkannya, Kepala daerah, kabupaten/kota harus betul-betul yakin apa yang harus di lakukan dan harus betul-betul menjamin bahwa daerahnya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan. "Kalau semuanya dilakukan dengan rapi, maka titik api kecil akan dapat di padamkan dan tidak menjalar kemana-mana," tutupnya.*

 




Berita Lainnya