Kamis | 05 Desember 2019
PSMTI Riau Audiensi Dengan Wagubri
Menjelang pengukuhan dewan dan pelantikan pengurus Paguyuban Sosial Marga.


Rabu | 04 Desember 2019
PSMTI Pekanbaru Sukses Gelar KOCI ke-2
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Pekanbaru, belum lama.


Rabu | 04 Desember 2019
PSMTI Riau Nobar Film Susi Susanti Love All
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau menggelar Nonton Bareng.

Rubrik : kampar
Sukseskan Program Literasi Sekolah
Dispersip Kampar MoU dengan SMAN 1 Bangkinang Kota
Editor : wisly | Penulis: adi
Kamis , 10 Oktober 2019
Foto bersama usai tandatangani MoU. Kemudian penyerahan 1 unit komputer kepada SMA N 1 Bangkinang Kota dan 1 unit komputer kepada Desa Laboy Jaya. (adi)

BANGKINANG KOTA - Dispersip Kabupaten Kampar tandatangani MoU dengan SMAN 1 Bangkinang Kota. Kerjasama dilaksanakan dalam upaya menggalakkan gerakan literasi sekolah. Kegiatan meliputi suvervisi, pembinaan, pengembangan perpustakaan sekolah dan desa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kampar, Ir Syahrizal MM didampingi Kabid Pengembangan dan Pembinaan, Akhyar Nur SE M Si, Kabid Pelayanan, Musnaini Si, Kamis (10/10) mengatakan, penandatanganan MoU bersama SMAN 1 Bangkinang Kota merupakan wujud komitmen dan upaya yang dilakukan oleh Dispersip Kabupaten Kampar dalam meningkatkan gerakan literasi sekolah. "Dispersip selalu berkomitmen untuk mencerdaskan dan mensejahterahkan masyarakat Kampar melalui program literasi," ungkap Syahrizal.

Dalam acara penandatanganan MoU ini, lanjutnya, diserahkan 1 unit komputer kepada SMA N 1 Bangkinang Kota dan 1 unit komputer kepada Desa Laboy Jaya. Bantuan merupakan bentuk pembinaan sebagai  motivasi yang diberikan kepada SMAN 1 Bangkinanmg Kota dan Desa Laboy Jaya sebagai perpustakaan yang memiliki semangat dan keseriusan yang tinggi dalam membangun dan mengembangkan perpustakaan.

Syahrizal juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap “Perpustakaan Siswa Pintar” SMAN 1 Bangkinang Kota. Melihat kebersihan, tata ruang dan pengelolaan perpustakaan yang sudah system digital, Syahrizal menyebut bahwa Perpustakaan Siswa Pintar SMAn 1 Bangkinang Kota sudah layak dijadikan sebagai tempat studi banding bagi sekolah-sekolah lain dalam pengelolaan perpustakaan sekolah. 

“meski ruangannya kecil, tetapi perpustakaan tertata dengan rapi, nyaman dan dikelola secara professional,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Bangkinang Kota, M Hendra Yunal M si menyambut baik penandatangan MoU tersebut. SMAN 1 Bangkinnag Kota sangat mendukung upaya gerakan literasi sekolah.

Dikatakannya, gerakan literasi yang dilaksanakan SMAN 1 Bangkinang Kota tidak hanya sebatas gerakan untuk membaca buku. Gerakan literasi yang dilaksanakan oleh SMAN 1 Bangkinang Kota merupakan gerakan yang dapat menumbuhkan budi pekerti siswa agar memiliki budaya membaca, menulis, memahami, melaksanakan dan menciptakan atau menghasilkan karya dan potensi siswa. “Literasi bukan hanya membaca, tetapi sampai menciptakan,”  ungkap Hendra Yunal.

Dijelaskannya, Perpustakaan Siswa Pintar SMAN 1 Bangkinang Kota sudah lengkap. "Perpustakaan kita sudah sistem digital. SMAN 1 Bangkinang Kota juga sudah membuat saung-saung (taman baca). Seluruh areal SMAN 1 Bangkinang Kota sudah didukung oleh jaringan WiFi dan bebas dimanfaatkan oleh seluruh siswa," ungkapnya.*




Berita Lainnya