Senin | 16 Desember 2019
Mahasiswa IBT Pelita Indonesia Kunjungi Tempat Ibadah Buddhis
Para mahasiswa Institut Bisnis dan Teknologi (IBT) Pelita Indonesia yang.


Senin | 16 Desember 2019
PSMTI Riau Sukseskan Parade Bhinneka Tunggal Ika
Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau memprakarsai acara Parade.


Minggu | 08 Desember 2019
Masjid Cheng Ho Rohil akan Datangkan 5.000 Pengunjung Setiap Bulan
Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) meyakini objek wisata religi masjid.

Rubrik : siak
Siswa MAN IC Tualang Juara Geo Math Competition di Finlandia
Editor : wisly | Penulis: Diana
Rabu , 16 Oktober 2019

SIAK - Arya Bisma Nugraha, siswa kelas X asal MAN Insan Cendekia (IC), Tualang, Kabupaten Siak berhasil meraih medali emas dalam even international Geo-Math-Competition yang dilaksanakan tanggal 8-12 Oktober 2019 lalu di Helsinki, Finlandia. Dalam kejuaraan itu, Arya bersaing sangat ketat dengan 1000 pelajar peserta kompetisi internasional dari 100 negara di dunia. 

“Geo-Math-Competition 2019 merupakan even perdana yang diselenggarakan oleh UNICEF dalam rangka sidang majelis umum PBB ke-74, yang bertajuk Quality Education & Climate Change. Kompetisi diikuti 100 negara yang mengirimkan 4 siswa terbaiknya,” kata Alfianri, Guru MAN IC Siak, tempat Arya menimba ilmu. 

Alfianri menjelaskan, kompetisi G-Math-C yang diikuti anak didiknya dilaksanakan di Finlandia, yang dikenal sebagai negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Terdapat 10 babak dalam kompetisi ini, yakni 5 babak tes teori, 3 babak interview, dan 2 babak field trip. 

“Sistem yang diterapkan adalah sistem gugur. Bagi peserta yang tidak mencapai passing grade yang telah ditetapkan otomatis gugur dan tidak bisa mengikuti babak selanjutnya. Dari hasil seleksi semua babak ini, akan dipilih 30 peserta dengan nilai tertinggi sebagai Champion, dengan jumlah medalinya, yakni 5 medali emas, 10 medali perak, dan 15 medali perunggu,” rincinya.

Guru Bidang Studi Fisika ini bercerita, tahun ini, ada 4 siswa yang menjadi delegasi Indonesia dalam even G Math C. Berasal dari 4 sekolah berbeda, yaitu MAN Insan Cendekia Siak, SMAN 8 Jakarta, SMAN 2 Tangerang Selatan, dan SMAN 3 Semarang. 

“Dari babak tes teori, interview, dan field trip, hanya Arya yang lolos sampai babak 10 bersama peserta dari negara Amerika, Finlandia, Rumania, Polandia, Jepang, Vietnam, Inggris, Jerman, dan Hungaria, lalu mereka dinyatakan sebagai Champion,” kisahnya.

Setelah tahapan itu, kata Alfianri, Arya yang jebolan SMPN 1 Tualang keluar sebagai peraih medali emas 1, dan diikuti oleh peserta utusan dari Jerman, Finlandia, Amerika, dan Inggris.
 
Rasa haru dan bangga juga disampaikan oleh Kepala MAN Insan Cendekia Siak, Hayatirruh secara khusus ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada para guru yang telah membimbing Arya dengan baik, sehingga mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. 

"Alhamdulillah, kami segenap keluarga besar MAN IC Siak sangat bangga dengan prestasi siswa kami. Sejak MAN IC berdiri pada tahun 2015 lalu, ini merupakan prestasi tingkat internasional perdana yang berhasil diraih oleh siswa MAN IC Siak. Terimakasih kepada para guru atas segala supportnya, sehingga anak didik kita, Arya mampu mengharumkan nama bangsa di tingkat dunia. Semoga kedepan siswa MAN IC Siak yang lain bisa mengikuti jejak Arya untuk go internasional" sebutnya.*




Berita Lainnya