Selasa | 05 November 2019
PSMTI Audiensi ke Kapolda Riau
Jajaran pengurus Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi.


Rabu | 30 Oktober 2019
Ribuan Umat Hadiri Perayaan HUT Dewa Chu Hu Tai Din
Ribuan umat menghadiri perayaan ulang tahun Dewa Chu Hu Tai Din (Tua Lang.


Selasa | 29 Oktober 2019
Malam Ini, Hadirkan Hiburan Untuk Masyarakat Sekitar
Perayaan HUT Dewa Chu Hu Tai Din (Tua Lang Kong) di Tempat Ibadah Tri Dharma.

Rubrik : huawen
Perayaan Hari Raya Kathina Dana dan Hari Besar Bodhisatva Mahasthamaprapta
Editor : wisly | Penulis: rls
Kamis , 17 Oktober 2019

PEKANBARU - Persamuan Umat Buddha (PUB) Bodhisatva Mahasthamaprapta Pekanbaru Jalan Sempurna Gang Flamboyan No. 2 C, Rabu Malam (16/10) mengadakan Perayaan Kathina 2563 BE  tahun 2019. Perayaan dihadiri ratusan umat dan dua Anggota Sangha Agung Indonesia, yakni Suhu Badravacana dan Y.L. Bhadrasandia.

Dalam Dhammadesananya, Suhu Badravacana mengatakan bahwa, Hari Kathina menandakan berakhirnya masa Vassa yang  merupakan salah satu kewajiban yang dijalankan oleh para bhikkhu/bhikkhuni selama tiga bulan setiap tahunnya. 

Vassa adalah masa berdiam diri bagi para anggota Sangha yang berlangsung di musim penghujan.
 Selama musim penghujan para bhikkhu/bhikkhuni tidak melakukan perjalanan penyebaran Dharma, tetapi berdiam bersama di satu tempat hingga musim hujan itu berakhir. Pelaksanaan Vassa ini ditetapkan semenjak zaman Buddha Sakyamuni pada sekitar 2500 tahun lalu.

Masa Vassa selain memberi waktu pada para bhikkhu/bhikkhuni untuk melatih diri setelah sepanjang tahun sibuk melayani umat, juga merupakan salah satu perwujudan cinta kasih universal (metta karuna) pada semua mahkhluk hidup. 

Pada musim penghujan banyak binatang kecil melata yang berdiam dalam tanah sepanjang musim panas/kemarau akan keluar dari tanah. Di zaman itu, para anggota Sangha melakukan penyebaran Dharma dengan berjalan kaki, sehingga sangat besar kemungkinannya para binatang tanah yang kecil dan lemah itu akan mati terinjak oleh para bhikkhu/bhikkhuni yang melakukan perjalanan penyebaran Dharma, walau secara tidak disengaja. 

Inilah salah satu wujud cinta kasih universal kepada semua makhluk hidup, bahkan kepada para binatang kecil, yang diteladankan oleh Buddha dan dilestarikan oleh keluarga besar Sangha. Selain sebagai penerus pelita Dharma dan penyebar metta karuna.

"Perayaan Kathina mengingatkan kita untuk mendukung kelestarian Sangha. Dengan berakhirnya masa Vassa maka tibalah saatnya bagi para umat perumah tangga untuk menunjukkan metta karuna kepada semua makhluk dengan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Sangha dalam bentuk dana jubah, makanan, obat-obatan serta hal-hal lain yang berguna untuk mendukung kebutuhan dasar pelestarian Sangha, yang pada akhirnya juga menunjang pelestarian Dharma," imbuh Suhu.

Suryanti Selaku Ketua Persamuan mengungkapkan bahwa selain Peringatan Hari Kathina Dana 2563 BE/ 2019, juga bertepatan dengan Perayaan Hari Besar Bodhisattva Mahasthanaprapta yang diisi dengan sembahyang bersama, dan Fangshen burung pada Tanggal 17 Oktober 2019.

Momen Hari Perayaan Kathina juga bertepatan dengan Perayaan Hari Besar Bodhisatva Mahasthamaprapta, menurut ketua Suryanti, momen ini memang sengaja di pilih agar umat Persamuan bisa sekaligus memberikan dana kepada Anggota Sangha yang hadir sekaligus memperingati hari kebesaran Bodhisatva Mahasthamaprapta.

Perayaan Hari Besar Boddhisatva Mahasthamasamaprapta diadakan rutin digelar setiap penanggalan Imlek yang jatuh pada bulan 2 tanggal 19, bulan 6 tanggal 19 dan bulan 9 tanggal 19 setiap tahunnya.*




Berita Lainnya