Minggu | 08 Desember 2019
Masjid Cheng Ho Rohil akan Datangkan 5.000 Pengunjung Setiap Bulan
Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) meyakini objek wisata religi masjid.


Minggu | 08 Desember 2019
PSMTI Dapat Membantu Pembangunan dan Mensejahterakan Masyarakat Riau
Warga Tionghoa sangat berperan dalam perkembangan ekonomi di Provinsi Riau..


Kamis | 05 Desember 2019
PSMTI Riau Audiensi Dengan Wagubri
Menjelang pengukuhan dewan dan pelantikan pengurus Paguyuban Sosial Marga.

Rubrik : dumai
Wako Dumai Harapkan 50 Persen Formasi CASN Diisi Putra Daerah
Editor : wisly | Penulis: Bambang
Minggu , 03 November 2019
Drs H Zulkifli As MSi

DUMAI - Kota Dumai hanya mendapat kuota 134 formasi untuk rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2019. Walikota (Wako) Dumai, Drs H Zulkifli As MSi, berharap 50 persen kuota CASN 2019 diisi putra daerah.

"Pemerintah Kota (Pemko) Dumai telah mengusulkan formasi sebanyak 179 kepada Menpan-RB, dan disetujui hanya 134 formasi. Saya berharap 50 persen kuota CASN 2019 dapat diisi putra daerah," ujar Zulkifli, usai melantik Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dumai definitif, di Gedung Pendopo, baru-baru ini.

Menurutnya, dari 134 Formasi tersebut, meliputi tenaga kesehatan ada 14 formasi dokter umum dan ?teknisnya sendiri ada 20 formasi. "Sedangkan formasi terbanyak yakni bidang pendidikan sebanyak 100 formasi, sehingga totalnya sebanyak 134 formasi," terang wako. 

Zulkifli berharap dari 134 formasi tersebut 50 persen akan diisi oleh masyarakat Dumai, sehingga anak-anak Dumai bisa membangun kampung halamannya sendiri. "Kalau bisa 50 persen anak Dumai yang masuk, makanya saya berharap anak-anak Dumai bisa mempersiapkan diri untuk ikut tes CANS," harapnya.

Untuk proses penerimaan CASN, lanjutnya, diperkirakan akan dimulai November 2019 untuk pengumumanya, selanjutnya pendaftaran di November, kemudian pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan sekitar Februari 2020 nanti. 

"Kalau untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), direncanakan akan dilaksanakan di Maret 2020, kita tunggu saja teknisnya dari Menpan-RB," imbuhnya.

Zulkifli mengaku, pemko siap melaksanakan seleksi SKB maupun SKD,  dengan menggunakan CAT di Kota Dumai, dan pihaknya sudah berhasil melaksanakan proses CAT CASN 2018 lalu yang dilaksanakan di Universitas Lancang Kuning Dumai. 

"Kita siap memfasilitasi baik menyediakan tempat, komputer, dan ?jaringan, sedangkan untuk servernya itu langsung dari BKN," sebutnya. 

Wako mengimbau seluruh masyarakat Dumai, bagi yang ingin mengikuti CASN, persiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Karena dengan sistem CAT, setelah mengerjakan soal akan langsung keluar hasilnya. 

"Jangan pernah percaya kepada oknum yang mengaku bisa meluluskan untuk menjadi CASN, karena saat ini sudah menggunakan CAT, jadi yang bisa menyelamatkan kita untuk jadi CASN ya kita sendiri," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Data Informasi Badan kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Dumai, Khaidir, mengatakan, rekrutmen CASN 2019 sebentar lagi di umumkan. Mulai dari sekarang persiapkan diri beserta persyaratannya.

Untuk pengumuman dan pendaftaran CASN akan dilaksanakan November 2019. Pengumuman hasil seleksi Desember 2019. Masa sanggah Januari 2020, pengumuman hasil SKD Februari 2019, Pelaksanaan SKB Maret 2019.

Untuk sistem pelaksanaan seleksi SKB maupun SKD, nanti dilaksanakan menggunakan CAT, dan biasanya pelaksanaannya di Universitas Lancang Kuning Dumai.*


 




Berita Lainnya