Kamis | 05 Desember 2019
PSMTI Riau Audiensi Dengan Wagubri
Menjelang pengukuhan dewan dan pelantikan pengurus Paguyuban Sosial Marga.


Rabu | 04 Desember 2019
PSMTI Pekanbaru Sukses Gelar KOCI ke-2
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Pekanbaru, belum lama.


Rabu | 04 Desember 2019
PSMTI Riau Nobar Film Susi Susanti Love All
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau menggelar Nonton Bareng.

Rubrik : pelalawan
Pegadaian Cabang Pangkalankerinci Kenalkan Program Arrum Haji
Editor : wisly | Penulis: Andy
Kamis , 07 November 2019
Pegadaian Cabang Pangkalankerinci mengenalkan program Arrum Hajipertemuan mitra dakwah dalam rangka literasi keuangan syariah di Pangkalankerinci.(ndy)

PELALAWAN - Guna memudahkan masyarakat dalam menunaikan ibadah haji, Pegadaian Cabang Pangkalankerinci memiliki Program Arrum Haji. Program pertama kali diluncurkan tahun 2016 oleh Pegadaian Syariah. Program memudahkan masyarakat untuk mendapatkan porsi haji dengan menggadaiakan emas senilai Rp1,9 juta.

Hal ini diungkapkan oleh Asisten Manager Operasional Pegadaian Cabang Pangkalankerinci, Sri Maharani di sela-sela pertemuan mitra dakwah dalam rangka literasi keuangan syariah di Pangkalankerinci, Kamis (7/11).

Sri menjelaskan, program yang diluncurkan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan porsi haji, dikarenakan jangka waktu tunggu keberangkatan pada saat ini untuk wilayak kerinci 20 tahun. 

Jika di bank-bank konvensional masyarakat harus menabung terlebih dahulu untuk mendapatkan porsi haji,  tapi dengan program ini masyarakat hanya cukup menggadaikan emas sebesar 3,5 gram atau senilai Rp1,9 juta. 

"Emas yang diberikan ke Pegadaian dijadikan sebagai agunan setelah itu di akad. Setelah selesai akan diantarkan ke Bank BNI Syariah dan langsung diantarkan ke Kemenag untuk mendapatkan porsi. Porsi ini dibayarkan secara cicilan ke pegadaian sebesar 670 ribu per bulan atau 25 ribu per hari," terangnya. 

Dia mengatakan, sejak diluncurkan di tahun 2016 sudah ribuan orang yang mengikuti program ini. Di Kabupaten Pelalawan sendiri,  ada sekitar 300 orang yang mengikuti program.  Karena kemudahan-kemudahannya ini membuat banyak masyarakat yang tertarik mengikuti program ini. 

"Jadi setelah nasabah mengangsur selama 5 tahun dan selesai,  maka nasabah hanya tinggal menunggu tahun keberangkatannya saja ke tanah suci dari Kemenag. Dan emas 3,5 gram yang di awal itu akan kita kembalikan," jelasnya. 

Dikatakannya,  dan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan porsi haji tetapi dana belum cukup Rp25juta, maka pihaknya bisa membantu dan langsung ke Pegadaian untuk diberi penjelasan lebih lanjut.*




Berita Lainnya