22 Zulqaidah 1441 H / Senin, 13 Juli 2020
Ganti Rugi Proyek Rigid Jalan Badak Masih Terkendala
pekanbaru | Rabu, 13 November 2019
Editor : wisly | Penulis : Delvi Adri
ilustrasi

PEKANBARU - Proyek rigid Jalan Badak Ujung sampai kini masih dikerjakan. Pembangunan jalan ini akan berdampak kepada lahan milik warga di sekitar proyek senilai Rp 4,7 miliar ini.

"Ada kegiatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk peningkatan Jalan Badak Ujung. Jalan tanah itu akan dijadikan jalan beton," kata Kepala Dinas Pertanahan Kota Pekanbaru Dedi Gusriadi, Rabu (13/11).

Menurut perencanaan Dinas PUPR, jalan itu diperlebar dengan ukuran yang bervariasi antara 5 hingga 6 meter. Sekarang, usulan perencanaan Dinas PUPR itu sudah dianggarkan dan disahkan DPRD dalam APBD Perubahan 2019. 

Kata Dedi, dana untuk pembebasan lahan dari Dinas PUPR itu diberikan ke Dinas Pertanahan sebagai eksekutor. Dalam tahapan pembebasan lahan, Dinas PUPR, pihak Kecamatan Tenayan Raya dan Dinas Pertanahan telah memasang patok di sepanjang jalan yang dilebarkan. 

"Tim dari Dinas Pertanian dan Perikanan, tim dari Bidang Cipta Karya Dinas PUPR, dan tim dari Badan Pertanahan Negara (BPN) Pekanbaru sudah turun ke lokasi yang akan diganti rugi," jelas Dedi.

Lanjutnya, masing-masing tim bertugas mendata lahan yang akan diganti rugi. Tim Dinas Pertanian dan Perikanan membuat data terhadap tanaman-tanaman.

"Tim dari Bidang Cipta Karya melihat rumah masyarakat yang terdampak pelebaran jalan. Sedangkan tim BPN bertugas membuat peta bidang terhadap luasan tanah yang akan diganti rugi," papar Dedi.

Setelah itu, data dari tiga tim ini diserahkan ke tim appraisal (lembaga independen yang bertugas menghitung nilai tanah). Setelah itu, tim appraisal menghitung nilai tanah, nilai bangunan, dan nilai tanaman yang akan diganti rugi.

"Sekarang, tahapan ini sedang dikerjakan. Berdasarkan hitungan tim appraisal inilah Pemko Pekanbaru menggelontorkan uang ganti rugi," tutur Dedi.

Dedi menyebut, data dari Dinas Pertanian dan Perikanan serta data tim Bidang Cipta Karya Dinas PUPR sudah diterima tim appraisal. "Hanya satu yang belum lengkap yaitu peta bidang dari BPN Pekanbaru," pungkasnya.*




Artikel Terbaru
dumai, Minggu, 12 Juli 2020
Semua pasien positif Corona di Kota Dumai dinyatakan sembuh oleh.

rohul, Minggu, 12 Juli 2020
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rokan Hulu (Rohul), mulai himpun.

hukum, Minggu, 12 Juli 2020
Sebanyak 8 unit sepeda motor diamankan dalam Patroli Lancang Kuning.

hukum, Minggu, 12 Juli 2020
Keberhasilan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum-HAM).

pekanbaru, Minggu, 12 Juli 2020
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau mengumumkan bahwa.

nasional, Minggu, 12 Juli 2020
Indonesia punya banyak pulau yang indah dan eksotik. Bali dan Lombok.

inhu, Minggu, 12 Juli 2020
Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM) di sekolah dengan tatap.

dunia, Minggu, 12 Juli 2020
Dua orang anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berangkat ke China.

pelalawan, Minggu, 12 Juli 2020
Di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona, Dinas Pendidikan.

sportainment, Sabtu, 11 Juli 2020
Satu tim sudah dipastikan terdegradasi dari Premier League 2019/2020..

Otomotif