Rabu | 25 Maret 2020
Tionghoa Pekanbaru Serahkan Bantuan APD Cegah Covid-19
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) bersama organisasi.


Rabu | 25 Maret 2020
Tradisi Ritual Cheng Beng di Selatpanjang Dibatalkan
Pelaksanaan tradisi ziarah kubur, atau dikenal dengan istilah Cheng Beng di.


Senin | 09 Maret 2020
PUB Bodhisattva Mahasthamaprapta Kunjungan Kasih ke Panti Asuhan Rumah Bahagia
Menyambut Hari Besar Bodhisattva Mahasthamaprapta (Se Thian Putco ), Persamuan.

Rubrik : huawen
Ribuan Warga Pekanbaru Meriahkan Perayaan Cap Go Meh
Editor : wisly | Penulis:
Minggu , 09 Februari 2020
Perayaan Cap Go Meh 2571/2020 di Kampung Tionghoa Melayu Jalan Karet, Pekanbaru

PEKANBARU - Ribuan warga Pekanbaru memeriahkan perayaan Cap Go Meh 2571/2020 di Kampung Tionghoa Melayu Jalan Karet, Pekanbaru, Sabtu (8/2). Perayaan menampilkan berbagai kesenian Tionghoa dan nusantara serta pesta kembang api.

Walikota Pekanbaru diwakili Kepala Kesbangpol, M Yusuf mengatakan, berbagai budaya yang ditampilkan mampu memberikan warna sekaligus menunjukkan Pekanbaru memiliki banyak suku. "Ini merupakan bentuk toleransi yang tinggi dan selalu hidup berdampingan," katanya.

Sementara itu, Ketua MKA LAM Riau, Datuk Seri Al Azhar menambahkan, perayaan merupakan cermin keberagaman kebudayaan di Provinsi Riau. "Cap Go Meh sudah lama dirayakan dan dinikmati masyarakat luas," tambahnya.

Panitia Imlek Bersama, Andy Chandra mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak, mulai dari Pemko Pekanbaru dan juga LAM Riau yang turut hadir dalam perayaan Cap Go Meh. "Kegiatan ini berjalan sukses. Ini merupakan acara budaya yang dikemas dengan berbagai pertunjukan seni," pungkasnya.

Perayaan Cap Go Meh tidak hanya dihadiri warga Tionghoa, namun berbagai lapisan masyarakat Pekanbaru. Warga sudah memenuhi jalan Karet sejak pukul 18.45 WIB dan menikmati berbagai rangkaian acara hingga selesai.   

Kesenian yang ditampilkan antara lain nyanyian dan tarian, puisi, atraksi barongsai, tarian naga serta menghadirkan Chai Sen Ye (Dewa Keberuntungan).

Turut dihadiri anggota DPRD Pekanbaru, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Riau, Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau, Stephen Sanjaya dan Ketua Forum Pembauran Kebangsaan, Fachri Yasin.

Kemudian berbagai ketua dan perwakilan organisasi/paguyuban Tionghoa di Pekanbaru, lembaga pendidikan dan perwakilan organisasi masyarakat.*

 




Berita Lainnya