Rabu | 25 Maret 2020
Tionghoa Pekanbaru Serahkan Bantuan APD Cegah Covid-19
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) bersama organisasi.


Rabu | 25 Maret 2020
Tradisi Ritual Cheng Beng di Selatpanjang Dibatalkan
Pelaksanaan tradisi ziarah kubur, atau dikenal dengan istilah Cheng Beng di.


Senin | 09 Maret 2020
PUB Bodhisattva Mahasthamaprapta Kunjungan Kasih ke Panti Asuhan Rumah Bahagia
Menyambut Hari Besar Bodhisattva Mahasthamaprapta (Se Thian Putco ), Persamuan.

Rubrik : kampar
Tuan Rumah HAKIN
KI Riau Minta Keseriusan Pemkab Kampar
Editor : wisly | Penulis:
Kamis , 27 Februari 2020

PEKANBARU - Komisi Informasi (KI) Riau meminta keseriusan Pemerintah Kabupaten Kampar sebagai tuan rumah Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) tahun 2020 yang dijadwalkan Juni mendatang. Kampar merupakan daerah pertama di Indonesia yang dipercaya KI Pusat sebagai penyelenggara HAKIN.

Ketua KI Riau Zufra Irwan,SE kepada media di kantornya, Kamis (27/2/2020) siang mengakui sedikit risau dengan belum terlaksananya rapat sinkronisasi antara Pemkab Kampar dengan KI Riau dan KI Pusat. "Terus terang saja sudah dua kali KI Pusat mengundang untuk rapat koordinasi dan sinkronisasi di Jakarta. Namun sampai saat ini belum juga terlaksana," ujar Zufra Irwan.

Memang diakui Zufra, sejak awal tahun ini Pemerintah Kabupaten Kampar, khususnya Bupati Catur Sugeng Susanto dan Sekdakab Yusri, disibukkan dengan berbagai kegiatan. Sehingga sulit untuk mencari waktu untuk pertemuan tersebut. "Kalau dengan Dinas Infokom dan PPID Kampar sudah sering rapat teknis persiapan. Namun karena ini iven nasional tentu kebijakan tetap ada di tangan bupati," ungkap Zufra.

Namun karena waktu berjalan terus dan semakin dekat, tentunya, sudah waktunya pembicaraan strategis terkait kegiatan nasional di Kampar itu perlu dibahas. "Kami berharap awal Maret ini rapat koordinasi dengan KI Pusat itu sudah dilaksanakan," harap Zufra.

Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional yang pertama di luar Jakarta ini semestinya dilaksanakan setiap tanggal 29 April. Namun karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, disepakati HAKIN 2020 di Kampar ini direncanakan sekitar bulan Juni mendatang.

Peringatan HAKIN 2020 ini akan diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari
MoU Komitmen Keterbukaan Informasi seluruh kepala desa di Kampar, MoU PPID se Riau tentang Komitmen keterbukaan Informasi oleh Bupati dan Walikota se-Riau, Orasi Kampanye keterbukaan informasi yang akan disampaikan Menteri Polhukam Mahfud MD selaku Duta Keterbukaan Informasi, serta pemberian pin Keterbukaan Informasi kepada Gubernur Riau Syamsuar dan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto. Kegiatan HAKIN di Kampar juga diisi dengan jalan santai dan kampanye Pariwisata Kampar dengan mengunjungi objek-objek wisata di Negeri Serambi Mekkah.

Selain Menko Polhukam, HAKIN 2020 di Kampar juga bakal dihadiri Menteri Infokom, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pariwisata.  

Menurut Zufra, Peringatan HAKIN 2020 ini akan dihadiri sekitar 3.000 orang. Selain seluruh komisioner KI seluruh Indonesia dan KI Pusat, juga para kepala daerah se-Provinsi Riau serta Para Kadis Kominfo. Warga masyarakat Kampar juga akan ikut terlibat aktif pada rangkaian acara ini, seperti jalan sehat. (rls)




Berita Lainnya