Selasa | 20 Agustus 2019
HUT ke-74 RI, Yayasan Hemadhiro Mettavati Gelar Pesta Rakyat di Okura
Yayasan Hemadhiro Mettavati menggelar acara pesta rakyat bertajuk Mengenang.


Minggu | 18 Agustus 2019
Pengurus Persaudaraan Marga Zhang Riau Resmi Dilantik
Persaudaraan Marga Zhang Riau masa bhakti 2019-2022 yang diketuai Robert Iwan.


Minggu | 18 Agustus 2019
Sambut HUT Kemerdekaan RI, Muda-Mudi IKTS Gelar Berbagai Lomba
Muda-mudi Ikatan Keluarga Tionghua Selatpanjang & Sekitarnya (IKTS) menggelar.

Rubrik : dumai
Diguyur Hujan Deras, Hotspot Dumai Nihil
Editor : Red | Penulis: Bambang
Kamis , 21 Maret 2019
Ilustrasi

DUMAI - Titik api (hot sport) di Kota Dumai nihil setelah diguyur hujan deras pada Kamis (21/3) siang. Bahkan, kabut asap yang menyelimuti Kota Dumai menghilang.

Pantauan lapangan, hujan mengguyur Dumai hampir di seluruh kecamatan yang ada di Kota Dumai tidak terkecuali kecamatan yang ditetapkan sebagai daerah rawan karlahut seperti di Kecamatan Medang Kampai, Kecamatan Dumai Barat dan Kecamatan Sungai Sembilan.
Kepala BPBD Kota Dumai, Afrilagan mengatakan, titik api di Kota Dumai sudah padam setelah hujan deras turun menyelimuti Kota Dumai. 

"Hal itu juga dibuktikan oleh pantauan satelit bahwa di Dumai hari ini nihil hot spot," kata Afrilagan.

Menurutnya, akibat karhutla, Dumai sempat diselimuti kabut asap tebal. "Mudah-mudahan hujan ini dapat membantu proses pemadaman karlahut di sejumlah titik, tidak hanya di Dumai tetapi di daerah lain yang terjadi karhutla," katanya.

Afrilagan juga menjelaskan bahwa saat ini tim gabungan sedang melakukan pendinginan di lokasi kebakaran seperti di Jalan Tuanku Tambusai Perum Dumai baru, Jalan Datuk Maddan Tanjung Palas, Jalan Atan Jalaluddin Teluk Makmur, Jalan Siliwangi/Arifin Ahmad Tanjung Palas. Kemudian, Jalan Seruni Gatot Subroto Bukit Timah, Jalan Parit Saru (simpang T) RT. 08 Bangsal Aceh dan Simpang Sakel RT 01 Gurun Panjang.

"Pendinginan akan terus kami lakukan untuk memastikan titik api benar-benar padam. Pasalnya kebakaran di lahan gambut api berada didalam jika tidak didinginkan api dapay muncul kembali," katanya.

Sebelum hujan deras turun di Dumai, kabut asap karhutla membuat pesawat Wings Air jenis ATR 72 jurusan Dumai-Kualanamu Medan Sumatera Utara batal terbang pada Kamis (21/3) pukul 11.00 WIB. Landasan pacu Bandara Pinang Kampai Kota Dumai tertutup asap sisa karhutla. Jarak pandang sekitar 1 kilometer.

"Jarak pandang sangat terbatas, jadi penerbangan pagi pukul 11.00 tujuan Dumai-Medan dibatalkan," kata Kepala UPT Bandara Pinang Kampai, Irvan kepada wartawan, Kamis (21/3). [*]




Berita Lainnya