Sabtu | 23 Mei 2020
Marga Zhang Riau Salurkan Sembako Lewat Koramil dan Polsek Senapelan
Membantu warga terdampak Covid-19 atau virus corona dilingkungan sekitar,.


Kamis | 21 Mei 2020
Tionghoa Peduli dan Pimpinan DPRD Pekanbaru Salurkan Sembako
Tionghoa Peduli Penanggulangan Covid-19 Riau menyalurkan 200 paket sembako.


Rabu | 20 Mei 2020
Gerakan 1000 Kantong Darah Ramadhan Raih Rekor MURI
Gerakan 1000 Kantong Darah Ramadhan tercatat di Museum Rekor-Dunia Indonesia.

Rubrik : bengkalis
1 Lokasi Karantina Miliki 2 Data Berbeda
Data ODP yang Dikarantina Membingungkan
Editor : zulkarnain | Penulis:
Kamis , 26 Maret 2020
TKI yang baru saja tiba di Bengkalis, Kamis sore dan dikarantina di Gedung LAMR Bengkalis

BENGKALIS -  Data Orang  Dalam Pemantauan (ODP) yang saat ini dikarantina di Kabupaten Bengkalis benar-benar membingungkan. Lebih membingungkan lagi, tiba-tiba muncul angka 196 ODP yang bukan berasal dari Kabupaten Bengkalis. Namun tidak dijelaskan apakah 196 ODP ini sudah dikeluarkan dari database atau belum.

Dalam keterangan resmi di grup  Media Info Covid-19, juru bicara Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bengkalis, Alwizar mengatakan, rinciannya warga di luar Kabupaten Bengkalis tersebut adalah yang masuk dalam data sebelumnya sebanyak 176 orang dan yang masuk dalam data dikarantina sebanyak 20 orang, sehingga total 196 warga dari luar Kabupaten Bengkalis. Dalam keterangannya, Alwizar juga memposting daftar ODP terbaru sampai pukul 13.00 WIB

Selanjutnya, Alwizar mengatakan kalau Kamis sore (26/3/2020) Pemda Siak telah menjemput 2 orang warganya yang dikarantina di Asrama Diklat. Merujuk kepada Daftar ODP terbaru di Asrama Diklat yang ia bagikan, total ODP sebanyak 119 orang. Kemudian ada juga tambahan 9 orang tapi diberi penjelasan “LARI”. Sehingga secara fisik (ada orangnya) tercatat ada 119 orang. Tidak ada kode dalam tabel tersebut, warga Siak yang mana yang keluar.

Data ODP yang di Asrama Diklat ini justru berbeda dengan data beberapa jam sebelumnya yang diberikan oleh Call Center. Call Center memposting  data ODP yang di Asrama Diklat sebanyak 134 orang dan di dalamnya ada warga dari luar  Kabupaten Bengkalis yaitu Pekanbaru 1 orang, Dumai 1 orang, Siak 3 orang, Meranti 8 orang dan tanpa alamat 1 orang

Tidak hanya itu, untuk tempat penampungan lainnya, seperti di Gedung Bumi Perkemahan, juga masih ada warga luar Kabupaten Bengkalis yang dimasukkan.  Dari 83 ODP, ada 2 warga non Kabupaten Bengkalis yaitu Lampung 1 orang dan Jawa Timur 1 orang. Apakah 2 orang ini termasuk  dari 196 orang tersebut? juga tidak ada penjelasan.

Dengan acuan adalah data terakhir yang diposting oleh jubir Covid-19, terlepas persoalan 196 orang yang muncul tiba-tiba ini, maka diperoleh data untuk ODP yang  di asrama Diklat sebanyak 119 orang, Gedung Buper sebanyak 83 orang, Wisma Atlet 79 orang dan Gedung BLK sebanyak  53 orang. Total dari empat lokasi ODP ini hingga Kamis siang pukul 13.00 WIB sebanyak 334 orang. Selanjutnya untuk ODP yang  melakukan karantina mandiri sebanyak 905 orang, maka total ODP hingga Kamis siang tersebut adalah 1.239 orang.

Jumlah 1.239 orang ini tentu berbeda dengan jumlah ODP yang diekspos sebelumnya yang  mencapai 1.440 orang. Telah berkurang sebanyak 201 orang. Selanjutnya, untuk data ODP yang  baru masuk ke Bengkalis Kamis sore dan ditempatkan di Gedung LAMR Bengkalis, Alwizar menyebutkan masih dalam rekap dan baru besok (Jumat, red) dishare. Namun, berdasarkan website Diskominfotik Kabupaten Bengkalis, jumlahnya  sebanyak 115 TKI orang terdiri dari 9 wanita dan 106 laki-laki. Bila dijumlahkan, maka ada sebanyak 1.354 orang ODP dengan 5 lokasi penampungan (zul)




Berita Lainnya