Sabtu | 23 Mei 2020
Marga Zhang Riau Salurkan Sembako Lewat Koramil dan Polsek Senapelan
Membantu warga terdampak Covid-19 atau virus corona dilingkungan sekitar,.


Kamis | 21 Mei 2020
Tionghoa Peduli dan Pimpinan DPRD Pekanbaru Salurkan Sembako
Tionghoa Peduli Penanggulangan Covid-19 Riau menyalurkan 200 paket sembako.


Rabu | 20 Mei 2020
Gerakan 1000 Kantong Darah Ramadhan Raih Rekor MURI
Gerakan 1000 Kantong Darah Ramadhan tercatat di Museum Rekor-Dunia Indonesia.

Rubrik : bengkalis
Rumah Pasien Positif Corona Warga Duri Disemprot Disinfektan
Editor : zulkarnain | Penulis:
Senin , 30 Maret 2020
persiapan penyemprotan disinfektan rumah warga positif corona (ist)

BENGKALIS – Rumah pasien positif Corona yang berasal dari Duri langsung disemprot dengan disinfekan oleh petugas kesehatan, Senin (30/3/2020). Bahkan, pihak kecamatan juga sudah memerintahkah ke lurah bersangkutan untuk memperluas areal penyemprotan.

“Ya kita baru tau tadi, diberi tau oleh Puskesmas bahwa ada warga kita yang positif Corona. Tadi juga sudah dilakukan penyemprotan di rumah warga tersebut, dan saya juga sudah memerintahkan Lurah agar penyemprotan di wilayah tersebut. Jadi tidak hanya di rumah pasien,” ujar Camat Mandau, Riki Rihardi seraya menyebutkan nama kelurahan dimaksud.

Dikatakan, selama ini memang dirinya tidak mendapat laporan dari manapun terkait adanya warga Duri yang sakit dengan gejala Corona tersebut. Kalau tahu lebih awal, tentu pihak kecamatan bisa lebih waspada. Setidaknya, melakukan tindakan-tindakan yang bisa memutuskan mata rantai  penularan virus  Corona.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, sambung Riki Rihardi, pihak kecamatan bersama Puskesmas Duri juga melakukan pendataan serta menelusuri kemungkinan siapa saja warga setempat yang  pernah beriteraksi dengan pasien maupun keluarga pasien.

“Kalau pasien katanya sudah lama sakit dan jarang berhubungan dengan  warga. Namun keluarganya ini yang kita tidak tahu dengan  siapa  saja sudah berinteraksi,” ujar Riki.

Dalam kesempatan itu,  Riki juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan menerapkan prilaku hidup sehat sebagaimana dianjurkan pemerintah agar terhindar dari virus Corona. “Dan yang lebih penting lagi, kita sangat mengharapkan kepada masyarakat, kalau ada warga yang  terindikasi terpapar virus corona agar segera  melaporkan ke RT, RW ataupun kelurahan,” ujar Riki lagi.

Seperti diberitakan di sejumlah media online, penambahan satu pasien positif Corona di Riau secara resmi disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yopi, Senin (30/3/2020).

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh dr Indra Yopi, satu pasien baru yang positif corona di Riau ini merupakan warga Duri. Berinisial AA usia 54 tahun. "Saat ini pasien dirawat di ruang isolasi disalah satu rumah sakit di Pekanbaru. Pasien ini merupakan warga Duri, Kecamatan Mandau, Bengkalis," kata dr Indra.

Setelah mendapatkan hasil uji swab yang menyatakan bahwa pasien atas nama AA ini dinyatakan positif corona, Dinas Kesehatan langsung melakukan tracking kontak dari pasien AA. "Dinas Kesehatan provinsi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bengkalis dan Polda Riau melakukan tracking orang-orang yang pernah kontak dengan pasien AA. Termasuk dari keluarganya," ujarnya. (zul)




Berita Lainnya