12 Jumadil Akhir 1442 H / Selasa, 26 Januari 2021
PKS Umumkan Cabupnya Positif Covid-19
Masyarakat Harus Diedukasi, Covid-19 Bukan Aib
bengkalis | Minggu, 18 Oktober 2020
Editor : zulkarnain | Penulis : Zulkarnaen
Ketua DPD PKS Bengkalis H Khairul Umam (berkacamata,red) dan calon Bupati Bengkalis H Abi Bahrun

BENGKALIS – Ketua DPD PKS Bengkalis H Khairul Umam menegaskan bahwa Covid-19 bukanlah aib dan siapapun bisa beresiko karena penyakit ini bisa menginfeksi siapa saja tanpa gejala atau dikenal dengan orang tanpa gejala (OTG). Karena itu, masyarakat harus diedukasi agar berfikiran positif terhadap orang yang terinfeksi Covid-19 dan lebih meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan Khairul Umam yang juga Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, menyusul sikap partai PKS yang mengumumkan secara resmi calon Bupati Bengkalis dari partainya, H Abi Bahrun terkonfirmasi positi Covid-19 beberapa waktu lalu. “Tak ada yang perlu kita malukan, Covid-19 itu bukan aib dan siapapun bisa terinfeksi,” ujar Khairul Umam kepada Metro Riau, Minggu (18/10/2020).

Dikatakan justru dengan menutup-nutupi identitas pasien, akan menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat. Pihaknya tidak menyalahkan Satgas Covid yang merahasiakan identitas pasien karena mereka terikat dengan kode etik. Namun, bagi yang terkonfirmasi positif Covid-19, bisa memilih dalam bersikap apakah diam saja atau mengumumkan ke publik.

“Dan kita lebih memilih untuk mengumumkan ke publik dan bagi kita itu biasa saja untuk apa malu. Penyakit Covid ini muncul bukan karena melakukan perbuatan terlarang, tapi karena sekarang sedang mewabah jadi siapapun bisa kena,” kata Khairul Umam.

Justru dengan mengumumkan ke publik, sambung Khairul Umam lagi masyarakat tidak berfikiran macam-macam ketika cabup Abi Bahrun tidak hadir dalam setiap pertemuan selama yang bersangkutan masih positif Covid-19. Pihaknya pun ingin menyampaikan bahwa Covid-19 itu memang ada dan bukan rekayasa. Setiap orang bisa terinfeksi, jadi siapapun orangnya, apapun status sosialnya hendaknya patuh dengan protokol kesehatan.

“Tetaplah pakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan hindari kerumunan kalau memang tidak perlu,” harap Khairul Umam.

Seperti diberitakan beberapa waktu lalu, Ketua DPD PKS Kabupaten Bengkalis, H Khairul Umam mengatakan calon Bupati Bengkalis dari PKS, Abi Bahrun terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu diketahui setelah beberapa pengurus DPD PKS Bengkalis melakukan swab mandiri.

“Ya, memang benar pak Abi Bahrun positif Covid. Kondisinya sehat, hanya saja beliau harus menjalani isolasi sesuai dengan standar penanganan Covid,” ujar Khairul Umam saat dihubungi Ahad malam (11/10/2020).

Saat ditanya asal mula Abi Bahrun terkonformasi positif Covid-19, Khairul Umam mengatakan, berawal ketika ada salah seorang anggota PKS yang bergejala positif Covid-19. Selanjutnya, PKS melakukan swab mandiri terhadap beberapa pengurus PKS termasuk Abi Bahrun.

“Dari swab ini kita mendapat informasi ada 3 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Salah satunya Pak Abi Bahrun,” ujarnya. (zul)




Artikel Terbaru
hukum, Selasa, 26 Januari 2021
Warga Desa Tanjung Gadang, Kelurahan Sijunjung, Kabupaten Sawalunto,.

inhu, Selasa, 26 Januari 2021
Sebanyak 4.080 vaksin Covid-19 tiba di Indragiri Hulu (Inhu) dengan.

kampar, Selasa, 26 Januari 2021
Bupati Kampar, H Catur Sugeng Susanto SH menyerahkan ambulance untuk.

nasional, Selasa, 26 Januari 2021
Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi memaparkan data WNI di.

nasional, Selasa, 26 Januari 2021
Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT BPJS Ketenagakerjaan yang bergaji.

pekanbaru, Selasa, 26 Januari 2021
Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 di lingkungan.

potensa, Selasa, 26 Januari 2021
Labersa Garden Inn Hotel & Resort mengadakan promo kamar mulai dari.

rohul, Selasa, 26 Januari 2021
Kantor Desa Sungai Salak di Kecamatan Rambah Samo diduga sengaja.

hukum, Selasa, 26 Januari 2021
Tim Jatanras Polres Inhu meringkus dua pelaku judi jenis Totol Gelap.

hukum, Selasa, 26 Januari 2021
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Otomotif

Minggu , 24 Januari 2021