23 Rajab 1442 H / Minggu, 7 Maret 2021
Dihadapan Gubri, Bupati Kampar Apresiasi UMKM di Tengah Pandemi
kampar | Rabu, 21 Oktober 2020
Editor : wisly | Penulis : wisli
foto bersama

KAMPA - Gubernur Riau (Gubri), H Syamsuar dan Bupati Kampar, H Catur Sugeng Susanto mengunjungi UMKM Amanah Kreatif yang bergerak dibidang peternakan lele yang juga diolah menjadi salai lele dan abon lele. Peternakan terletak di Desa Kampar, Kecamatan Kampa.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Kampar Repol, Sekretaris Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Ahmad Zaki, Kabid Pengawasan dan Distribusi Barang Wira Sastra, Tokoh Masyarakat, Ninik Mamak serta Ulama, Selasa (20/10).

 


Dalam pidatonya, Gubernur Riau, Syamsuar menyampaikan, pandemi Covid-19 juga berdampak dengan ketahanan pangan, sehingga masyarakat harus mempersiapkan bahan makanannya dengan menanam, budidaya ikan maupun berternak atau segala hal yang berkaitan dengan ketahanan pangan.

 


"UMKM Amanah Kreatif ini, seorang ibu berusia 74 tahun membudidayakan peternakan lele dengan memanfaatkan kolam renang yang sebelumnya digunakan sebagai wahana permainan anak-anak TK," kata Gubri.

Akibat pandemi ini, lanjutnya, aktifitas anak-anak sekolah tidak lagi berjalan yang pada akhirnya dijadikan sebagai wadah peternakan lele yang nantinya akan menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan ekonomi pelaku usaha tersebut.

 


Sementara itu, Bupati Kampar, H Catur Sugeng Susanto mengapresiasi inovasi yang dilakukan UMKM di tengah pandemi Covid-19 agar tetap mampu bersaing dan bertahan, sehingga tetap memberikan peningkatan ekonomi masyarakat.

 


"Budidaya ikan lele yang kemudian diolah menjadi abon dan salai sebagai produk UMKM, inovasi yang dilakukan tentunya akan meningkatkan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat," tambahnya.

 


Ditambahkan Bupati, untuk mewujudkan semua itu perlu kesadaran masyarakat agar dapat memanfaatkan pekarangan rumah agar ditamani tanaman-tanaman sayuran, toga dan bumbu dapur lainnya. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi membelinya yang otomatis mengurangi pengeluaran masyarakat.

Pemerintah harus berjuang dengan menangani pandemi Covid-19, namun juga harus mempersiapkan ketahanan pangan serta peningkatan ekonomi masyarakat.*




Artikel Terbaru
etalase, Minggu, 7 Maret 2021
Ketua Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Cabang Pekanbaru,.

dunia, Minggu, 7 Maret 2021
Israel menunda pemberian suntikan vaksin Covid-19 kepada warga.

meranti, Minggu, 7 Maret 2021
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH SIk, turun.

sportainment, Minggu, 7 Maret 2021
Barcelona meraih kemenangan 2-0 kala melakoni laga tandang ke markas.

nasional, Minggu, 7 Maret 2021
Awal pekan ini, Kementerian Kesehatan RI telah menemukan dua kasus.

rohil, Minggu, 7 Maret 2021
Tim satuan tugas (Satgas) Polres Rohil melakukan patroli untuk.

pekanbaru, Minggu, 7 Maret 2021
Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Riau,.

pelalawan, Minggu, 7 Maret 2021
Yohanas (56), warga Desa Banjar Benai, Kecamatan Benai, Kabupaten.

pekanbaru, Minggu, 7 Maret 2021
Pada Jumat (5/3) sore, anak asuh Rumah Yatim Cabang Riau membagikan.

politik, Minggu, 7 Maret 2021
Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Otomotif