12 Jumadil Akhir 1442 H / Selasa, 26 Januari 2021
Roro Tasik Gemilang Terbengkalai di Galangan Kapal PT IP
bengkalis | Selasa, 27 Oktober 2020
Editor : wisly | Penulis : zul
Kapal fery penyebarangan Roro Tasik Gemilang milik Pemerintah Kabupaten Bengkalis berada di galangan kapal PT Indo Perkasa Kecamatan Siak Kecil. (zul)

BENGKALIS – Nasib kapal fery penyebarangan Roro Tasik Gemilang milik Pemerintah Kabupaten Bengkalis benar-benar memprihatinkan. Sejak 2017 lalu sudah berada di galangan kapal PT Indo Perkasa Kecamatan Siak Kecil. Sampai hari ini belum ada tanda-tanda dilakukan pekerjaan perawatan/perbaikan.

“Sangat miris sekali kita melihatnya. Disaat antrian panjang terjadi di pelabuhan penyeberangan Bengkalis – Sei Pakning, kapal roro Tasik Gemilang malah dibiarkan terbengkalai,” ujar Sekretaris Badan Anti Korupsi (BAK) LIPUN Bengkalis, Wan Mhd Sabri kepada wartawan, Selasa (27/10).

Dikatakan, andai saja kapal tersebut sejak lama diperbaiki dan bisa dioperasikan, sudah barang tentu persoalan antrian panjang yang terjadi saat ini bisa diatasi. “Sudah terlalu lama kapal tersebut dibiarkan begitu saja. Kita khawatir akan semakin banyak yang harus dilakukan perbaikan dan alokasi dana yang dianggarkan juga makin bertambah,” ujarnya.

Wan Sabri mengatakan, sepengetahuan dirinya proses lelang untuk perbaikan kapal tersebut memang sudah pernah dilakukan. Bahkan sudah 3 kali lelang, namun tidak ada rekanan yang berminat melakukan pekerjaan tersebut.

“Ketika kami tanyakan ke Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis sebagai penguasa aset dari kapal roro Tasik Gemilang, mereka mengatakan benar sudah dilelang dan tak ada yang berminat,” katanya.

Saat dirinya menanyakan kemungkinan dilakukan penunjukan langsung, seperti amanat Perpres Nomor 16 tahun 2018 dan peraturan LKPP  Nomor 09 Tahun 2018 apabila tender gagal sebanyak dua kali, maka dilakukan penunjukan langsung. Namun Dinas Perhubungan berkilah bahwa hal tersebut kesalahan pejabat lama.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis melalui Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, H Zul Asri saat dikonfirmasi membenarkan kalau proses tender sudah dilakukan 3 kali tapi tidak ada yang berminat. “Memang benar proses tender sudah 3 kali kita lakukan tapi satu rekananpun tidak ada yang berminat. Kita pun tak tau mengapa,” ujar Zul Asri.

Menyikapi hal tersebut, Zul Asri mengatakan sejauh ini, pihaknya belum ada rencana untuk melakukan penunjukan langsung, karena menurut informasi hal itu tidak dibenarkan lagi. “Kalau dulu iya, gagal 2 kali sudah bisa penunjukan langsung, tapi kalau sekarang informasinya tidak bisa lagi. Maka solusinya adalah akan kita agendakan lelang ulang tapi kemungkinan tahun depan. Kalau sekarang sudah  tidak memungkinkan lagi,” ungkapnya.*




Artikel Terbaru
hukum, Selasa, 26 Januari 2021
Warga Desa Tanjung Gadang, Kelurahan Sijunjung, Kabupaten Sawalunto,.

inhu, Selasa, 26 Januari 2021
Sebanyak 4.080 vaksin Covid-19 tiba di Indragiri Hulu (Inhu) dengan.

kampar, Selasa, 26 Januari 2021
Bupati Kampar, H Catur Sugeng Susanto SH menyerahkan ambulance untuk.

nasional, Selasa, 26 Januari 2021
Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi memaparkan data WNI di.

nasional, Selasa, 26 Januari 2021
Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT BPJS Ketenagakerjaan yang bergaji.

pekanbaru, Selasa, 26 Januari 2021
Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 di lingkungan.

potensa, Selasa, 26 Januari 2021
Labersa Garden Inn Hotel & Resort mengadakan promo kamar mulai dari.

rohul, Selasa, 26 Januari 2021
Kantor Desa Sungai Salak di Kecamatan Rambah Samo diduga sengaja.

hukum, Selasa, 26 Januari 2021
Tim Jatanras Polres Inhu meringkus dua pelaku judi jenis Totol Gelap.

hukum, Selasa, 26 Januari 2021
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Otomotif

Minggu , 24 Januari 2021