28 Sya'ban 1442 H / Minggu, 11 April 2021
Media Harus Jadi Penangkal Hoax di Masa Pandemi dan Pilkada Serentak
rohul | Minggu, 29 November 2020
Editor : wisly | Penulis : Feri Hendrawan
Pjs Bupati Rohul, Drs H Masrul Kasmy MSi

PASIRPANGARAIAN - Selain di masa pandemi Covid-19, diawal tahun 2020 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan menggelar momen penting Pilkada serentak tahun 2020, termasuk puncak pergantian tahun baru dari 2020 ke 2021.

Menghadapi dua agenda besar serta masa sulit dampak Covid-19, diharapkan media harus menjadi penangkal setiap berita hoax terutama, dalam menargetkan partisipasi masyarakat ikut memilih di Pilkada serentak lanjutan 2020 tinggi.

"Langkah edukasi terkait mengkampanyekan hidup bersih, menerapkan 3 M dan selalu menerapkan Protokoler kesehatan sudan kita lakukan, mulai tahapan hingga pada hari H Pilkada serentak di Rohul 9 Desember 2020 mendatang," ungkap Pjs Bupati Rohul, Drs H Masrul Kasmy M Si.

Masrul sebagai Pjs Kepala Daerah di Kabupaten Rohul, berharap peran media bisa menyampaikan program sifatnya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, dengan selalu melaksanakan himbauan protokol kesehatan di kehidupannya sehari hari, di tengah penyebaran COVID 19 saat ini.

"Walaupun di Rohul angka terkonfirmasi COVID 19, namun seluruh elemen jangan lengah dan kendor dalam menerapkan protokol kesehatan, pola hidup bersih dan selalu ikuti aturan pemerintah. Dalam hal ini, peran media sangat penting dalam menyampaikan hal hal pisitif agar COVID 19 bisa berakhir di Negeri Seribu Suluk," ucap Masrul.

Kemudian, tinggal menghitung hari lagi pelaksanaan Pilkada Rohul 9 Desember 2020. Masyarakat yang akan menyaluran hak suaranya di TPS wajib patuhi aturan hang sudah ditetapkan nantinya, jangan setelah Pilkada wabah COVID 19 di Rohul meningkat.

"Makanya peran media sangat besar,agar tidak ada lagi penyebaran wabah virus COVID 19.Kita harapkan berita seputar penanganan COVID 19 harus terus digaungkan, agar masyarakat mengetahui dan memahaminya," harap Masrul Kasmy.

Bukan hanya melibatkan KPU Rohul, bahkan melalui sejumlah program edukasi ke masyarakat juga sudah digelar di Rohul, pada kegiatan Literasi Media yang digelar Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Riau beberapa waktu lalu. 

Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPI Riau Asril Darma saat itu mengatakan, diperlukan pemahaman yang baik bagi pihak-pihak yang berkompetisi dalam Pilkada Serentak untuk saling memberi informasi yang sehat dan tidak menyebar hoax, atau berita bohong. 

"Dalam konteks ini, peran KPI dalam melakukan pengawasan dan edukasi dalam pelaksanaan Pilkada menjadi penting untuk dilaksanakaan," katanya. 

Meskipun demikian, Asril menekankan, bahwa proses edukasi pilkada ke masyarakat melalui penyebaran informasi bukanlah hal mudah. 

Dibutuhkan pengawasan melekat oleh pemerintah terkait hal tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman yang berakibat fatal. 

Dengan adanya pemahaman media yang baik, maka diharapkan dapat menekan berita hoax di masyarakat, terutama sekali jelang pencoblosan nanti, termasuk dalam menerapkan protokol kesehatan saat memilih di TPS.*




Artikel Terbaru
etalase, Minggu, 11 April 2021
Setelah dibentuk berapa bulan lalu, perwakilan pengurus Pejuang Subuh.

bengkalis, Minggu, 11 April 2021
Ikatan Pelajar Riau-Yogyakarta Komisariat Bengkalis (IPRY-KB).

nasional, Minggu, 11 April 2021
Kasus positif COVID-19 di Indonesia pada Sabtu, 10 April 2021.

pekanbaru, Minggu, 11 April 2021
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan membuat Surat Edaran (SE).

nasional, Minggu, 11 April 2021
Gempa berkekuatan magnitudo 6,7 yang mengguncang Kabupaten Malang.

huawen, Minggu, 11 April 2021
Ikatan Keluarga Tionghua Selatpanjang dan Sekitarnya (IKTS) dan TITD.

pekanbaru, Minggu, 11 April 2021
Seiring dengan kemajuan teknologi dan perubahan zaman yang semakin.

etalase, Minggu, 11 April 2021
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

etalase, Minggu, 11 April 2021
Acara wisuda LXII Strata-1 (S1) dan Pascasarjana XII Universitas.

politik, Minggu, 11 April 2021
Pengurus DPD Partai Era Masyarakat Sejahtera (Partai Emas) Riau yang.

Otomotif