12 Jumadil Akhir 1442 H / Selasa, 26 Januari 2021
Polres Inhu Simulasi Pengamanan TPS Masa Pandemi
inhu | Senin, 30 November 2020
Editor : wisly | Penulis : dasmun
Simulasi pelaksanaan pemungutan suara dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.(das)

RENGAT - Dalam masa pendemi Covid-19, semua kegiatan yang dilaksanakan harus mengacu pada protokol kesehatan. Termasuk pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan 9 Desember mendatang.

Untuk itu, Polres Inhu melaksanakan simulasi pelaksanaan pencoblosan pada Pilkada. Mengingat pelaksanaanya berbeda dengan pilkada sebelumnya.

"Personel tidak hanya dituntut untuk lebih tanggap dan profesional dalam mensukseskan proses dan tahapan Pilkada agar berjalan dengan aman, damai dan kondusif," ungkap Kapolres Inhu, AKBP Efrizal S IK melalui paur Humas Polres Inhu, Aipda Misran, Senin (30/11) disela-sela kesibukannya mengikuti simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka Operasi Mantap Praja Lancang Kuning tahun 2020.

Kegiatan simulasi dihadiri Wakapolres Inhu, Kompol Zulfa Renaldo S IK M Si dan sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polres Inhu yang dilaksanakan di halaman Mapolres Inhu.

Simulasi sendiri dilaksanakan dua tahap, tahap pertama menjelang dan ketika pemungutan suara. Sebelum masyarakat pemilih datang ke TPS, dilakukan penyemprotan disinfektan lokasi TPS oleh Linmas diarea pemungutan suara, sesuai dengan protokol kesehatan. 

Kemudian, kotak suara dibawa kedalam TPS oleh petugas TPS, dibantu oleh 2 orang Linmas dan 2 anggota Polri. Setelah itu Ketua KPPS membuka kotak suara dan disaksikan oleh 5 orang saksi. Saat memasuki TPS, dilakukan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, memakai masker, pengecekan suhu badan dan apa bila terdapat pemilih yang suhu tubuhnya diatas 37°C maka dipisahkan ke bilik khusus yang telah disediakan.

Sekira pukul 07.30 WIB, pemilih suara menggunakan hak pilihnya dan mulai berdatangan ke TPS. Lalu ada seorang pemilih datang ke TPS tidak memekai masker dan anggota TPS memberi masker kepada pemilih suara. Ada satu orang pemilih yang suhu tubuh nya lebih dari 37°C dan pemilih tersebut diarahkan kebilik khusus dan di dampingi dua anggota TPS memakai APD lengkap. 

Pemungutan suara dilakukan sesuai nomor urut yang telah diberikan anggota TPS dan proses pemilihan suara telah selesai dan berjalan dengan tertib dan lancar. 

Tahap kedua, penghitungan suara, ketika saat penghitungan suara tampak 5 orang tidak merasa puas dan berteriak saat penghitungan suara. Seorang anggota Polri dan 2 anggota Linmas mendatangi dan menghimbau agar tidak melakukan tindakan mengganggu proses penghitungan suara. 

Kemudian, anggota Sabhara Polsek melakukan patroli ke TPS dan membubarkan masyarakat yang mengganggu penghitungan suara tersebut. Penghitungan suara dilanjutkan kembali dan tampak 5 orang tersebut memanggil teman-temannya untuk memprovokasi penghitungan suara tersebut. 

Masa mulai datang dengan jumlah yang lebih banyak, dengan sigap anggota Sabhara Polsek menghubungi Kapolsek. Selang beberapa saat kemudian, Kapolsek tiba di TPS dan melakukan negosiasi kepada masyarakat yang tidak puas dan memprotes penghitungan suara, untung saja aksi protes itu berhasil diredam dan penghitungan suara dapat dilanjutkan hingga selesai. 

"Kegiatan simulasi pengamanan TPS bertujuan untuk meningkatkan Kamtibmas dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Inhu tahun 2020 yang tak lama lagi dilaksanakan," kata Kapolres.

Sebelum pelaksanaan simulasi, puluhan personel yang dilibatkan dalam kegiatan itu dibekali Tactical Floor Game (TFG) yang dipandu oleh Kabag Ops Polres Inhu yang diwakili Paur Min Bagops Polres Inhu, Iptu J Sitompul.




Artikel Terbaru
inhu, Selasa, 26 Januari 2021
Sebanyak 4.080 vaksin Covid-19 tiba di Indragiri Hulu (Inhu) dengan.

kampar, Selasa, 26 Januari 2021
Bupati Kampar, H Catur Sugeng Susanto SH menyerahkan ambulance untuk.

nasional, Selasa, 26 Januari 2021
Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi memaparkan data WNI di.

nasional, Selasa, 26 Januari 2021
Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT BPJS Ketenagakerjaan yang bergaji.

pekanbaru, Selasa, 26 Januari 2021
Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 di lingkungan.

potensa, Selasa, 26 Januari 2021
Labersa Garden Inn Hotel & Resort mengadakan promo kamar mulai dari.

rohul, Selasa, 26 Januari 2021
Kantor Desa Sungai Salak di Kecamatan Rambah Samo diduga sengaja.

hukum, Selasa, 26 Januari 2021
Tim Jatanras Polres Inhu meringkus dua pelaku judi jenis Totol Gelap.

hukum, Selasa, 26 Januari 2021
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

rohil, Selasa, 26 Januari 2021
Diduga melakukan perusakan hutan dengan cara menebang tanpa izin dari.

Otomotif

Minggu , 24 Januari 2021