16 Rajab 1442 H / Minggu, 28 Februari 2021
MTQ Provinsi Riau 2021 di Pelalawan Diundur
pelalawan | Senin, 18 Januari 2021
Editor : wisly | Penulis : ndy
Sekdakab Pelalawan, Drs HT Mukhlis M. Si

PELALAWAN - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Riau di Kabupaten Pelalawan yang direncanakan April mendatang, diundur menjadi Juni 2021. Pandemi Covid-19 yang terus naik di Riau khususnya di Kabupaten Pelalawan serta infrastruktur lokasi MTQ Riau  yang belum tuntas menjadi penyebabnya. 

"Ya, kita undur jadi bulan Juni. Kita akan koordinasi dengan Pemprov Riau soal ini. Kesepakatan diundurnya MTQ Riau dimana Pelalawan menjadi tuan rumah ini berdasarkan hasil pertemuan seluruh instansi di lingkungan Pemkab Pelalawan," terang Sekdakab Pelalawan, Drs HT Mukhlis, Selasa (18/1).

Dia menjelaskan helat keagamaan ini akan diikuti 12 kabupaten dan kota dan diundur dengan beberapa alasan maupun pertimbangan. Petimbangan pertama yakni kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini dan kemudian infrastruktur yang belum tuntas. 

"Kasus Covid-19 di daerah ini masih terus terjadi penambahan (kasus). Jadi tentu izin pelaksanaan MTQ dari Satgas Covid-19 berdasarkan jumlah pasien terkonfirmasi positif. Jika persiapan telah dilakukan dengan matang dan menjelang hari pelaksanaan terjadi lonjakan kasus, tentu akan sulit mengelar acara tersebut," ujara Mukhlis.

Di samping itu, proses persiapan lahan MTQ hingga saat ini belum tuntas. Kontraktor pemenang tender penimbunan areal MTQ yang berada di sampai Masjid Ulul Azmi Pangkalan Kerinci tak sanggup menyelesaikan pekerjaannya pada akhir Desember 2020 lalu. 

Alhasil proyek senilai Rp 3,7 Miliar itu harus diluncurkan ke tahun 2021 dan diberikan penambahan waktu serta adendum kontrak kerja. Sehingga kontrak mampu menyiapkan kerjaannya sebelum pelaksanaan MTQ. 

Lanjutnya, musim penghujan yang terjadi saat ini juga sedikit banyak menjadi kendala. Sehingga persiapan lahan dikhawatirkan terganggu sampai ke pelaksanaan nanti. Atas dasar itulah Pemkab Pelalawan kemudian memutuskan untuk memundurkan jadwal pelaksanaan MTQ agar panitia pelaksana lebih siap dan matang. 

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan, Akmamul Hadi membenarkan pengunduran jadwal MTQ tingkat provinsi yang digelar di Pelalawan. Pelaksanaan MTQ diputuskan pada Bukan Juni mendatang dengan berbagai alasan yang mendasar. "Untuk tanggal pastinya, kita masih berkoordinasi dengan Pemprov Riau," ungkapnya. *




Artikel Terbaru
nasional, Minggu, 28 Februari 2021
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menargetkan sebanyak 38 juta.

meranti, Minggu, 28 Februari 2021
Kabut asap terlihat menyelimuti hampir seluruh wilayah di Kabupaten.

sportainment, Minggu, 28 Februari 2021
Barcelona pulang dari laga sulit kontra Sevilla dengan tiga poin. Gol.

meranti, Minggu, 28 Februari 2021
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Selatpanjang mengusulkan.

nasional, Minggu, 28 Februari 2021
Pemerintah melaporkan kasus positif virus corona (Covid-19) bertambah.

huawen, Minggu, 28 Februari 2021
Panitia Imlek Bersama yang terdiri dari berbagai ormas Tionghoa,.

pekanbaru, Minggu, 28 Februari 2021
Pemerintah provinsi Riau, mulai hari Senin (1/3) akan memulai.

dunia, Sabtu, 27 Februari 2021
Pemerintah China untuk kesekian kalinya mengundang utusan Uni Eropa.

rohil, Sabtu, 27 Februari 2021
Polisi Sektor (Polsek) Bangko bersama Satuan tugas (Satgas) Kebakaran.

huawen, Minggu, 28 Februari 2021
Yayasan Panglima Empat Bersaudara (Dewa Kim Guan Sue) Jalan Pemuda.

Otomotif