25 Rajab 1442 H / Selasa, 9 Maret 2021
Satgas Covid-19 Pekanbaru Perluas Penyuntikan Vaksin
pekanbaru | Minggu, 24 Januari 2021
Editor : wisly | Penulis : Novi Kawandi
ilustrasi

PEKANBARU - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pekanbaru memperluas penyuntikan vaksin. Untuk mencapainya, Satgas bekerja sama dengan rumah sakit swasta untuk mempercepat vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Muhammad Noer, mengatakan Satgas melakukan penilaian ke beberapa rumah sakit terkait kesiapan pihak rumah sakit dalam penyuntikan vaksin jenis sinovac.

Sejumlah rumah sakit di Kota Pekanbaru masih belum siap menggelar vaksinasi Covid-19 tahap awal bagi Nakes. "Kita sudah lihat ke lokasi, ada yang layak. Ada yang berjanji dibenahi, bahkan sampai hari ini ada yang belum layak," kata M Noer, akhir pekan lalu.

M Noer menjelaskan, tim dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru baru mendapati 21 rumah sakit yang siap menggelar vaksinasi. Ada 10 rumah sakit belum siap atau belum layak menggelar vaksinasi.

Tim sudah mendatangi 31 rumah sakit di Kota Pekanbaru. Ada sejumlah kekurangan dari rumah sakit sehingga tidak bisa menggelar vaksinasi. Ada di antara rumah sakit memiliki cold chain yang tidak bisa menyimpan vaksin dengan suhu di bawah 8 derajat celcius.

Permasalahan lainnya cold chain berada di gudang dan tidak bisa diangkat sehingga bercampur dengan vaksin lain. "Tim juga memeriksa kelayakan lokasi dan peralatan di rumah sakit tersebut," sebut M Noer.

M Noer menambahkan, posisi lokasi vaksinasi di rumah sakit juga harus tepat membuat pengaturan proses vaksinasi sesuai alur yang ada. Rumah sakit juga harus dilengkapi cold chain sebagai tempat penyimpanan dosn vaksin. Proses penilaian ini sudah lakukan sejak awal pekan.

Rumah sakit harus menyiapkan tim yang terlatih sebagai vaksinator. Mereka juga harus menjalani pelatihan sebelum melakukan suntik vaksin di layanan kesehatan.

Diskes Pekanbaru akan mendistribusikan langsung vaksin setelah rumah sakit dinilai layak menggelar vaksinasi. Mereka juga harus memastikan tim vaksinator siap bertugas. "Ada lima hingga sepuluh orang vaksinator yang jalani pelatihan di setiap rumah sakit," sebutnya.

Saat ini vaksinasi bagi tenaga kesehatan baru berjalan di 20 Puskesmas yang ada di Kota Pekanbaru, dan Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru.*




Artikel Terbaru
dumai, Selasa, 9 Maret 2021
Guna mendukung program visi dan misi Gubernur Riau dalam bidang.

pekanbaru, Selasa, 9 Maret 2021
Sekolah Tatap Muka (STM) sudah dilakukan di lebih 100 sekolah negeri.

nasional, Selasa, 9 Maret 2021
PNS dilarang bepergian ke luar kota selama libur panjang saat masa.

meranti, Selasa, 9 Maret 2021
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti memprioritaskan guru atau.

nasional, Selasa, 9 Maret 2021
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

pekanbaru, Selasa, 9 Maret 2021
Kebakaran terjadi di sebuah rumah bulatan di Jalan Pembina Ujung, RT.

pelalawan, Selasa, 9 Maret 2021
Bupati Pelalawan, HM Harris bersama Ketua PWI Pelalawan, Zulhamsyah.

inhu, Selasa, 9 Maret 2021
Masyarakat dan pekerja yang berasal dari Desa Rimpian dan sekitarnya,.

bengkalis, Selasa, 9 Maret 2021
Bupati Bengkalis, Kasmarni dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari).

nasional, Selasa, 9 Maret 2021
Juru bicara vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia.

Otomotif