16 Rajab 1442 H / Minggu, 28 Februari 2021
Dugaan Korupsi Bankeu di RSUD Indrasari, Plt Kadis PMD Inhu Diperiksa Jaksa
hukum | Selasa, 26 Januari 2021
Editor : wisly | Penulis : Linda
Plt Kepala Dinas PMD Inhu, Riswidiantoro, ketika meninggalkan gedung Kejati Riau, Jalan Jenderal Sudirman, usai diklarifikasi terkait dugaan korupsi dana bankeu Rp41 miliar, Senin (26/1). (lda)

PEKANBARU -  Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas  Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu),  Riswidiantoro, diperiksa oleh jaksa penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau. Ia dimintai keterangan terkait kasus dugaan korupsi dana bantuan keuangan (bankeu) Rp41 miliar di RSUD Indrasari Rengat.

Riswidiantoro dipanggil dalam kapasitas sebagai Kepala Sub Bagian Program di RSUD Indrasari Rengat, Selasa (26/1). Ia datang ke Kejati Riau sekitar pukul 09.00 WIB dan melapor ke  Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di kejati Riau. 

Setelah itu, Riswidiantoro menuju lantai lima gedung Kejati Riau untuk memberikan keterangan pada jaksa penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Riau. Ia dperiksa hingga pukul 16.00 WIB.

Ketika dikonfirmasi terkait kedatangannya ke Kejati Riau, Riswidantoro, enggan berkomentar banyak. "No comment," ucapnya sambil berjalan dengan seorang rekannya ke PTSP Kejati Riau.

Namun Riswidiantoro mau sedikit terbuka ketika didesak mengenai pemanggilan terkait penggunaan dana bankeu di RSUD Indrasari. "Ini kan masih dalam proses (penyelidikan). Masih dalam proses ya," tuturnya sambil terus berjalan.

Disinggung materi pertanyaan yang diajukan oleh jaksa penyelidik, Riswidantoro enggan mengungkapkan. "Ke penyidik saja, itu materi penyelidikan," kata Riswidantoro.

Terpisah, Asisten Pidana Khusus Kejati Riau, Hilman Azazi, menyatakan pihaknya masih melakukan klarifikasi.  Menurutnya, pemanggilan juga dilakukan pada sejumlah pihak lain dari RSUD Indrasari Rengat.
"Iya. Betul itu," sebut Hilman.

Menurut Hilman, proses klarifikasi tidak berhenti pada Riswidiantoro saja tapi masih ada pihak lain. "Masih (ada pemanggilan lain). Baru tahap awal aja ini," jelas Hilman.

Hal senada juga disampaikan Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Riau, Muspidauan. Menurutnya, ada 4 orang lainnya dari RSUD Indrasari Rengat yang dipanggil. 

"(Hari ini) Ada 4 orang. Jadi dalam kasus ini  ini sudah belasan orang yang diklarifikasi. Semuanya dari pihak rumah sakit," pungkas Muspidauan.

Pengusutan berdasarkan Surat Perintah Penyelidikan (Sprinlid) Nomor: PRINT-01/L.4/Fd.I/2021 tentang pengusutan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan dan penggunaan Bankeu Provinsi Riau Tahun Anggaran 2016 sebesar Rp41 miliar kepada Kabupaten Indragiri Hulu Cq RSUD Indrasari. Surat tertanggal 11 Januari 2021 itu ditandatangani Kepala Kejati Riau, Dr Mia Amiati.

Diketahui, RSUD Indrasari mendapat kucuran bankeu dari Provinsi Riau tahun 2016 sebesar Rp41 miliar.
Uang sebesar itu digunakan untuk perlengkapan alat kedokteran termasuk juga rehab ruangan CT Scan. Adapun jumlahnya mencapai Rp36 miliar.

Sementara sisanya, Rp5 miliar dikucurkan untuk penerima bantuan iuran (PBI) atau peserta jaminan kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu yang ditetapkan oleh pemerintah dan diatur melalui Peraturan Pemerintah.*




Artikel Terbaru
meranti, Minggu, 28 Februari 2021
Kencangnya tiupan angin mengakibatkan kebakaran lahan gambut di Dusun.

etalase, Minggu, 28 Februari 2021
Telkomsel kembali perkuat keseriusannya dalam membantu para mahasiswa.

pekanbaru, Minggu, 28 Februari 2021
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru terus melakukan.

inhu, Minggu, 28 Februari 2021
Beberapa hari terakhir ini, udara di atas sebagian wilayah Inhu mulai.

etalase, Minggu, 28 Februari 2021
Usai menggelar bazar untuk 22 usaha mikro kecil menengah (UMKM) di.

nasional, Minggu, 28 Februari 2021
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menargetkan sebanyak 38 juta.

meranti, Minggu, 28 Februari 2021
Kabut asap terlihat menyelimuti hampir seluruh wilayah di Kabupaten.

sportainment, Minggu, 28 Februari 2021
Barcelona pulang dari laga sulit kontra Sevilla dengan tiga poin. Gol.

meranti, Minggu, 28 Februari 2021
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Selatpanjang mengusulkan.

nasional, Minggu, 28 Februari 2021
Pemerintah melaporkan kasus positif virus corona (Covid-19) bertambah.

Otomotif