14 Zulqaidah 1442 H / Kamis, 24 Juni 2021
Baru Dibangun Tiga Bulan, Dermaga Pelabuhan Desa Mekar Sari Ambruk
meranti | Rabu, 31 Maret 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : ali
dermaga ambruk.

SELATPANJANG - Pembangunan dermaga pelabuhan Desa Mekar Sari, Kecamatan Merbau, Kepulauan Meranti seperti ada kejanggalan. Baru tiga bulan, dermaga tersebut sudah ambruk.

Kepala Desa Mekar Sari, Erman mengatakan, ambruknya bangunan dan dermaga pelabuhan diduga karena faktor alam. Dimana arus pasang laut di daerah tersebut sangat deras, sehingga konstruksi dermaga anjlok dan mengalami patahan. Beruntung, warga setempat tidak ada beraktivitas di dermaga itu sesaat terjadinya ambruk bangunan.

"Waktu kejadian itu kebetulan saya tidak berada di tempat dan menurut warga sekitar yang menjadi saksi ambruknya dermaga tersebut kejadiannya sangat cepat dan Alhamdulillah tidak ada korban sama sekali. Saya pun tak habis pikir dengan kejadian ini, dan tidak kemungkinan ini faktor alam, karena di lokasi tersebut arusnya sangat deras," kata Kepala Desa Mekar Sari, Erman, Rabu (31/3/2021) siang.

Dikatakannya, pelabuhan itu belum begitu lama dipergunakan masyarakat, baru tiga bulan sejak dibangun. Namun sangat disayangkan bangunan yang menelan biaya Rp90 juta lebih itu sudah ambruk sebelum dioperasikan dan dimanfaatkan sepenuhnya masyarakat setempat.

Disinggung terkait teknis pelaksanaan, Erman mengatakan bahwa pembangunan dermaga tersebut sudah melalui proses perhitungan dan perencanaan yang matang oleh pihak desa dan tim teknis.

"Memang itu bekas pelabuhan lama pada zaman Bengkalis, namun pondasi kita bangun baru dengan spesifikasi tinggi. Malahan pernah beberapa waktu lalu kita melakukan bongkar muat Raskin sebanyak 35 ton di dermaga itu dan Alhamdulillah baik-baik saja," ungkapnya.

Diceritakan Erman, pembangunan pelabuhan itu merupakan aspirasi masyarakat yang menginginkan pelabuhan representatif untuk kebutuhan bongkar muat barang dan turun naik penumpang.

Dijelaskan, keinginan masyarakat itu ditampung dalam Musrenbang desa. Berdasarkan kesepakatan bersama, akhirnya pelabuhan itu dibangun dengan anggaran seadanya sisa dari anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang disalurkan kepada masyarakat.*




Artikel Terbaru
politik, Kamis, 24 Juni 2021
'Nyapres 2024', menganalisa terkait potensi peta koalisi partai.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih mengkaji rencana penambahan.

hukum, Kamis, 24 Juni 2021
Motif pembunuhan Siti Hamidah warga Tapung, Kampar yang jasadnya.

nasional, Kamis, 24 Juni 2021
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan jumlah.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memberikan bantuan.

siak, Kamis, 24 Juni 2021
Budaya Melayu memang sangat melekat dalam kehidupan masyarakat Riau,.

inhu, Kamis, 24 Juni 2021
Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIK beserta rombongan melaksanakan.

otomotif, Kamis, 24 Juni 2021
Memberikan kemudahan serta keuntungan bagi masyarakat Riau, PT.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Penerbang pesawat tempur F-16 TNI AU dan F-16 United State Pacific.

etalase, Kamis, 24 Juni 2021
Dorong para pemuda Rumbai Pekanbaru berwira usaha, Universitas.

Otomotif