28 Ramadhan 1442 H / Senin, 10 Mei 2021
PSU Inhu Digelar 20 April, 324 Suara Diperebutkan
politik | Senin, 5 April 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : dasmun
Pj Bupati Inhu, Chairul Riski MS MP meninjau Desa Ringin, Kecamatan Batang Gangsal, beberapa waktu lalu. Pj Bupati ingin mengetahui kondisi terkini jelang PSU dilaksanakan di desa tersebut. (das)

RENGAT - Pemungutan Suara Ulang (PSU) akan dilaksanakan pada tanggal 20 April 2021 mendatang di Inhu. Sebanyak 324 suara akan diperebutkan di helat ini.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhu, Yeni Mairida, saat melakukan Rapat Koordinasi dan sosialisasi pelaksanaan PSU pemilihan bupati dan wakil bupati Inhu tahun 2020 pasca putusan Mahkamah Konstitusi di aula KPU Pematang Reba, Sabtu (3/4). 

Dikatakan, PSU Inhu hanya dilaksanakan di TPS 3 Desa Ringin Kecamatan Batang Gangsal, Inhu. Hal ini disebabkan adanya Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) berjumlah 17 pada saat pemilihan 9 Desember 2020 lalu dari jumlah DPT 307.

"Untuk menghadapi PSU, kami tidak semudah itu melaksanakan PSU. Namun harus mempersiapakan tahapan dari awal sampai akhir dan kami juga akan mengganti semua petugas penyelenggara di TPS 3 Desa Ringin," ujar Yeni.

Lanjutnya, jika nanti ada pemilih tambahan DPTb selain dari 17 orang, meskipun memiliki KTP ingin menggunakan hak suara pada PSU, tidak bisa lagi. KPU hanya menerima nama-nama yang ada di dalam daftar hadir pada tanggal 9 Desember 2020 lalu.

Dalam hal ini, Yeni juga mengatakan, pembentukan petugas KPPS dan PPS kurun waktu 14 hari kerja. KPU juga mensosialisasikan peserta pemilu kepada seluruh masyarakat di TPS 3 Desa Ringin.

"Sosialisasi akan kami lakukan dan akan memasang sepanduk di lokasi TPS 3, karena dalam pelaksanaan PSU tidak ada lagi Kampanye maupun Penyampaian Visi dan misi dari paslon maupun tim sukses," kata Yeni dalam Rapat.
Rapat koordinasi ini dihadiri langsung oleh Pj Bupati Inhu Chairul Riski, Dandim 0302 Inhhu diwakili Kapten infanteri PT Situmorang mewakili Dandim, Kapolres Indragiri Hulu AKBP Efrizal S.I.K, Bawaslu Inhu, Kabag Tapem, Kesbang Pol dan para paslon Bupati dan wakil bupati.

Usai keputusan MK nomor 93/PHP.BUP-XIX/2021 yang dalam amar putusanya pada pokok permohonan kedua menyatakan batal berlakunya, maka KPU Inhu untuk melakukan pemungutan suara setelah putusan MK di Satu TPS 3 Desa Ringin, Kecamatan Batang Gansal dalam waktu paling lama 30 hari setelah putusan MK.

Dalam sambutan PJ Bupati Inhu Chairul Riski menjelaskan, salah satu tugas diri nya di Inhu adalah menjalankan serta memantau agar PSU aman, lancar dan tentram.

"Kemarin kami sudah meninjau TPS 3 di Desa Ringin, mudah-mudahan nanti KPU dapat menjalankan tugas sesuai fungsinya dan tidak terjadi lagi hal-hal yang tidak diinginkan," jelasnya.

Dalam kunjungan ke desa Ringin  (Pj) Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Drs H Chairul Riski MS MP bersama Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIK dan sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau posko pengamanan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Desa Ringin Kecamatan Batang Gansal.

"Tidak hanya memantau kesiapan posko pengamanan, tapi kita juga melihat langsung kondisi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Desa Ringin," kata Kapolres Inhu melalui PS Paur Humas Polres Inhu Aipda Misran.
Dijelaskan Misran, TPS 03 Desa Ringin merupakan bangunan Sekolah Dasar (SD) setempat, ada beberapa ruas kelas belajar yang dipakai untuk TPS.

Sedang di posko pengamanan, Kapolres menegaskan pada Kepala Desa Ringin beserta perangkat Desa dan puluhan personel gabungan yang bertugas sebagai pengamanan proses PSU. Yakni, mengajak masyarakat setempat selalu menjaga keamanan dan ketertiban menjelang, saat dan setelah PSU, agar tahapan PSU yang sudah menjadi ketetapan Mahkamah Konstitusi (MK) RI ini dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar.*




Artikel Terbaru
dumai, Senin, 10 Mei 2021
Kapal MT ARK Progress yang berada di zona karantina mendapat.

meranti, Senin, 10 Mei 2021
Balek kampong' atau  disebut dengan mudik sudah jadi tradisi yang.

pekanbaru, Senin, 10 Mei 2021
Kasus pasien terkonfirmasi positif di Provinsi Riau terus bertambah..

pekanbaru, Senin, 10 Mei 2021
Kasus positif Covid-19 di Tanah Air kembali bertambah. Tercatat pada.

pekanbaru, Senin, 10 Mei 2021
Sebanyak 6 ribu guru sekolah negari dan swasta di Kota Pekanbaru.

kampar, Senin, 10 Mei 2021
Akibat cuaca ekstrim yang menyebabkan tanah longsor yang terjadi di.

inhu, Senin, 10 Mei 2021
Kapolres AKBP Efrizal membagikan paket sembako kepada warga terkena.

etalase, Senin, 10 Mei 2021
Beragam cara dilakukan Bank Rakyat Indonesia (BRI), dalam memaknai.

pekanbaru, Senin, 10 Mei 2021
Penyebaran Covid-19 sampai sekarang belum berakhir. Sebagai.

otomotif, Senin, 10 Mei 2021
Memanjakan para pecinta Toyota, Main Dealer Toyota di wilayah Riau,.

Otomotif