14 Zulqaidah 1442 H / Kamis, 24 Juni 2021
Meski Sudah Divaksin, 4 Nakes di Kepulauan Meranti Tetap Terpapar Covid-19
meranti | Minggu, 11 April 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : ali
Pengumuman Puskesmas Alai ditutup sementara karena ada yang terkonfirmasi positif Covid-19

SELATPANJANG - Empat Tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas Alai, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti terkonfirmasi positif Covid-19. Padahal, keempat nakes tersebut sudah divaksin Covid-19 dosis pertama dan kedua.

"Betul ada empat Nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Puskesmas Alai, rinciannya dua di bagian Promkes, satu di bagian Poli Umum dan satunya lagi bidang di Poli Anak," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri, Minggu (11/4/2021).

Fahri mengungkapkan, saat ini 4 Nakes yang terpapar menjalani isolasi di BLK dan di RSUD. "Saat ini mereka menjalani isolasi di dua tempat, masing-masing ada yang di BLK dan ada yang di RSUD," ujarnya.

Menurut Fahri, empat Nakes tersebut tetap terpapar Covid-19 karena antibodi belum terbentuk sempurna pasca imunisasi. Antibodi seseorang, kata Fahri, baru terbentuk sempurna minimal 14 hari setelah pemberian vaksin dosis kedua.

Fahri menegaskan, kasus ini membuktikan jika penerapan protokol kesehatan (prokes) tetap penting meskipun sudah disuntik vaksin.

"Orang yang divaksinasi itu bukan berarti dia bebas tertular Covid-19. Jadi makanya dianjurkan tetap menerapkan 3 M. Tetapi orang yang sudah divaksinasi itu sudah punya antibodi, walaupun tertular tetapi tidak segawat dan separah orang yang belum divaksin. Kemudian kenapa orang yang divaksin itu jika terkonfirmasi tetap harus diisolasi, hal itu dilakukan agar tidak menular kepada yang lain, untuk memproteksi orang lain juga. Dan untuk diketahui gejalanya tetap sama tergantung daya tahan tubuh masing-masing," ungkap Fahri.

Untuk mencegah penyebaran lebih luas, Puskesmas Alai menutup sementara layanannya. Penutupan mulai Selasa (6/4/2021) dan akan dilakukan sampai Minggu (11/4/2021) dan hari Senin (12/4/2021) besok sudah mulai dibuka.

Selama penutupan Tim Satgas Covid-19 dikatakan Fahri telah melakukan sterilisasi terhadap Puskesmas dan tracing kepada seluruh kontak erat dari yang terpapar.

"Sesuai SOP, jadi selama penutupan kita melakukan sterilisasi puskesmas dan tracing, untuk mencegah timbulnya kasus baru," ujarnya.

Fahri mengatakan dugaan sementara petugas kesehatan yang terkonfirmasi positif tersebut terjangkit dari pasien yang ada di puskesmas.

"Dugaan sementara kontak itu dari pasien yang berobat di Puskesmas.. Memang tidak ada pasien yang dirawat di sana, namun bisa jadi belum ketahuan," ujar Fahri.

Dijelaskan Fahri selama puskesmas ditutup pelayanan kesehatan Puskesmas Alai untuk sementara dialihkan ke puskesmas terdekat.

"Jadi seluruh pelayanan kesehatan dialihkan ke Puskesmas terdekat yaitu Alah Air," pungkasnya.*




Artikel Terbaru
politik, Kamis, 24 Juni 2021
'Nyapres 2024', menganalisa terkait potensi peta koalisi partai.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih mengkaji rencana penambahan.

hukum, Kamis, 24 Juni 2021
Motif pembunuhan Siti Hamidah warga Tapung, Kampar yang jasadnya.

nasional, Kamis, 24 Juni 2021
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan jumlah.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memberikan bantuan.

siak, Kamis, 24 Juni 2021
Budaya Melayu memang sangat melekat dalam kehidupan masyarakat Riau,.

inhu, Kamis, 24 Juni 2021
Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIK beserta rombongan melaksanakan.

otomotif, Kamis, 24 Juni 2021
Memberikan kemudahan serta keuntungan bagi masyarakat Riau, PT.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Penerbang pesawat tempur F-16 TNI AU dan F-16 United State Pacific.

etalase, Kamis, 24 Juni 2021
Dorong para pemuda Rumbai Pekanbaru berwira usaha, Universitas.

Otomotif