14 Zulqaidah 1442 H / Kamis, 24 Juni 2021
Menteri LHK Kunker ke Dumai, Tanam Mangrove dan Serahkan Bantuan Kelompok Tani
dumai | Minggu, 11 April 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : Bambang
Walikota Dumai H Paisal SKM MARS menjelaskan kondisi Geografis Kota Dumai kepada Menteri LHK, Siti Nurbaya saat Kunker ke Dumai, akhir pekan kemarin.

DUMAI - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya di dampingi Wakil Menteri (Wamen), Alue Dohong melakukan kunjungan kerja ke Dumai, Sabtu (10/4/2021).

Kedatangan Menteri LHK dan Wamen beserta rombongan disambut Walikota Dumai H Paisal, SKM, MARS di Pantai Purnama, Keluraham Purnama Kecamatan Dumai Barat dan dilanjutkan dengan kegiatan penanaman mangrove.

Adapun tujuan penanaman Mangrove untuk mencegah abrasi laut di pesisir pantai sehingga bisa menyelamatkan daratan dan pemukiman, sebab, berdasarkan data yang disampaikan dalam satu tahun abrasi akibat ombak pasang mencapai 3 meter.

Setelah melakukan ‎penanaman Mangrove di pantai Purnama, Menteri LHK Siti Nurbaya beserta rombongan didampingi walikota Dumai menyambangi Kampung Percontohan Petani Tangguh di Komplek Dumai Baru Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan, sekaligus meresmikan Kebun bibit desa (KBD).

Dalam acara tersebut, menteri LHK Siti Nurbaya melakukan penyerahan secara simbolis bantuan kepada para kelompok tani, bantuan yang diberikan berupa bibit tanaman, ternak, dan alat-alat pertanian.

Menteri LHK, Siti Nurbaya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Dumai yang telah serius dalam menangani berbagai permasalahan LHK di Dumai. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkot atas kerjasama dalam mencegah dan menanggulangi karhutla di kota Dumai, baik itu TNI, Polri dan lainnya," sebutnya.

Sementara, Walikota Kota Dumai, H. Paisal mengucapkan terima kasih kepada menteri LHK yang sudah menyempatkan diri untuk menyambangi Kota Dumai dan memberikan bantuan kepada para kelompok tani.

"Kepada Ibuk Menteri, kami mengucapkan terima kasih sudah menyempatkan diri untuk menyambangi Kota Dumai dan memberikan bantuan kepada para kelompok tani." Kata Paisal.

Dalam sbutan, Walikota juga menyampaikan beberapa permasalahan serta potensi yang ada di kota Dumai, mulai dari permasalahan Karhutla, permasalahan Sampah dan Pengelolaan, program kampung iklim (Proklim), pemukiman di kawasan hutan serta alih fungsi kawasan hutan, bahkan termasuk permasalahan Blok Rokan. 

Walikota berharap ‎kehadiran menteri LHK bisa menyelesaikan permasalahan dan pembangunan di bidang LHK yang ada di kota Dumai, sehingga kota Dumai, bisa semakin maju. 

"Kami berharap, ‎kehadiran Ibuk Menteri LHK bisa menyelesaikan permasalahan dan pembangunan di bidang LHK yang ada di kota Dumai, sehingga kota Dumai, bisa semakin maju. Bantu kami ibu Menteri, karena kami memiliki keterbatasan wewenang, untuk itulah bantuan dari Ibu Menteri sangat diperlukan." Harap Paisal.

Dijelaskan Paisal,  Dumai, sudah mendaftarkan 20 kawasan Proklim, dengan target 100 Proklim semoga hal ini bisa tercapai. Pungkasnya.

Menteri LHK, menjawab, terkait permasalahan permasalahan yang disampaikan oleh Walikota Dumai, akan segera ditindak lanjuti.

"Terkait permasalahan yang disampaikan pak wali saya akan bantu, dan akan kita carikan solusinya, jika nantinya diperlukan data tambahan Pemko Dumai harus cepat melengkapinya,". tegasnya.

Sesuai arahan dari pak Presiden, tentunya permalahan yang ada di Dumai khususnya, dan Riau, akan kita tidak lanjuti segera.

Menurutnya, Walikota Dumai, Paisal sudah sangat menguasai dan memahami wilayahnya, serta potensi-potensi yang bisa dikembangkan di Kota Dumai.

"Pak wali saya titip kebun bibit desa yang sudah ada, kembangkan dan rawat baik baik untuk kepentingan masyarakat," Pesan Buk Menteri.*




Artikel Terbaru
politik, Kamis, 24 Juni 2021
'Nyapres 2024', menganalisa terkait potensi peta koalisi partai.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih mengkaji rencana penambahan.

hukum, Kamis, 24 Juni 2021
Motif pembunuhan Siti Hamidah warga Tapung, Kampar yang jasadnya.

nasional, Kamis, 24 Juni 2021
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan jumlah.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memberikan bantuan.

siak, Kamis, 24 Juni 2021
Budaya Melayu memang sangat melekat dalam kehidupan masyarakat Riau,.

inhu, Kamis, 24 Juni 2021
Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIK beserta rombongan melaksanakan.

otomotif, Kamis, 24 Juni 2021
Memberikan kemudahan serta keuntungan bagi masyarakat Riau, PT.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Penerbang pesawat tempur F-16 TNI AU dan F-16 United State Pacific.

etalase, Kamis, 24 Juni 2021
Dorong para pemuda Rumbai Pekanbaru berwira usaha, Universitas.

Otomotif