28 Ramadhan 1442 H / Senin, 10 Mei 2021
PSU Dimenangkan Ridho, Namun Rajut Dipastikan Pemenang Pilkada Inhu
politik | Selasa, 20 April 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : dasmun
TPS 03 Desa Ringin, Kecamatan Batang Gansal.

RENGAT - Usai sudah serangkain rangkaian perhelatan pemilihan Bupati/Wakil Bupati Inhu yang sudah dimulai sejak tahun 2020 lalu. Kepastian pemenang diketahui setelah dilaksanakannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang dilaksanakan di TPS 03 Desa Ringin, Kecamatan Batang Gansal. PSU berjalan dengan lancar meskipun sebelumnya diguyur hujan pada pagi hari, Selasa (20/4).

Dari data yang diperoleh di TPS 03 diketahui bahwa dari lima Pasangan Calon (Paslon) Bupati/Wakil Bupati Inhu masing-masing Paslon nomor urut Nurhadi-Toni (Nurani) memperoleh 1 Suara, Rezita Meylani Yopi -Junaidi Rachmat (Rajut) 93 suara, paslon nomor urut 3 Siti Aisyah-Agus Rianto (Aisyah) memperoleh 1 suara, paslon nomor ururt 4 BWS memperoleh 1 suara dan pasangan Rizal Zamzami-Yogi Susilo (Ridho) memperoleh 198 suara.

Dari data tersebut terlihat bahwa paslon nomor urut 5 Ridho menjadi pemenang PSU di TP 03 Desa Ringin. Dalam PSU dapat dilihat bahwa masyarakat yang menggunakan hak suaranya 295 orang dari jumlah DPT 324.

Dari data sebelumnya  akumulasi perolehan suara dari semua TPS se Kabupaten Inhu sesuai keputusan KPU Inhu nomor 712/PL.02.OPL.02.6-Kpt/1420/KPU.Kab/XII/2020 yang sudah dibatalkan MK tercatat untuk paslon nomor urut 1 sebanyak 17.644 suara, paslon nomor urut 2 sebanyak 50.356 suara, Paslon nomor urut 3 sebanyak 35.653 suara, paslon nomor urut 4 sebanyak 36.156 dan Paslon nomor urut 5 memperoleh 50.048 suara.

Untuk keseluruhan hasil pilkada Inhu sementara menjelang ditetapkan KPU terlihat paslon Rajut mengungguli empat paslon lainnya dengan perolehan suara 50.412 suara. Serta diurutan kedua paslon nomor urut 5 dengan perolehan suara sementara 50.232.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKB DPRD Inhu Dodi Irawan yang merupakan pengusung pasalon nomor urut 5 Ridho memberi ucapan selamat kepada Rajut yang untuk sementara menjelang ditetapkan KPU  memenangkan Pilkada Inhu. Semoga janji-janji selama kampanye dapat direalisasikan sesuai dengan motto menuju Inhu cemerlang. 

“Kepada pendukung Ridho diharapkan berbesar hati dan ini merupakan kemenangan yang tertunda, serta tetap bersama-sama membangun Inhu yang kita cintai. Masih banyak agenda lainnya yang harus dilaksanakan seperti pileg, pilpres dan lain sebagainya,” jelas Dodi.

Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi datang langsung meninjau pelaksanaan PSU  Pilkada Inhu di TPS 03 Desa Ringin tersebut. Gubernur tiba sekitar pukul 10.20 WIB dengan menggunakan dua helikopter. Begitu mendarat di helipad milik salah satu pabrik kelapa sawit, rombongan langsung meluncur ke lokasi yang letaknya tak jauh dari helipad.

Usai melaksanakan peninjauan kelokasi TPS 03, Kepada wartawan Syamsuar menyampaikan rasa syukur PSU bisa terlaksana dengan lancar. "Alhamdullilah, kita bisa melaksanakan PSU sebagai putusan dari Mahkamah Konstitusi. Kami berharap bisa berjalan dengan baik sampai selesai nanti," katanya.

Dalam pelaksanaan PSU Desa Ringin ternyata tidak semua masyarakat terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 03 Desa Ringin bisa menggunakan hak suaranya, meskipun itu mendapatkan C pemberitahuan dari petugas penyelenggara Pemilu, jika tidak bisa menunjukan KTP Asli maupun Suket.

Seperti yang dialami  Mariani warga Desa Ringin, saat mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Ringin untuk menggunakan hak suaranya, namun sesampai di TPS, dirinya tidak bisa menggunakan hak suara dengan alasan tidak bisa menunjukan E-KTP, walaupun  Mariani membawa Kartu Keluarga (KK) dan Fotokopi KTP sebagai Identitas, serta membawa C pemberitahuan.

"Kami saat pelatihan, masyarakat harus menunjukan E-KTP asli bukan fotokopi maupun Kartu keluarga," cetus Edi Suardi, Ketua KKPS di TPS kepada Ibu Mariani.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU Inhu Yenni Marida mengatakan, Mariani tidak bisa menunjukan KTP Aslinya, jadi itu tidak bisa menggunakan hak suara. Meskipun mendapatkan C Pemberitahuan dari petugas.*
 




Artikel Terbaru
dumai, Senin, 10 Mei 2021
Kapal MT ARK Progress yang berada di zona karantina mendapat.

meranti, Senin, 10 Mei 2021
Balek kampong' atau  disebut dengan mudik sudah jadi tradisi yang.

pekanbaru, Senin, 10 Mei 2021
Kasus pasien terkonfirmasi positif di Provinsi Riau terus bertambah..

pekanbaru, Senin, 10 Mei 2021
Kasus positif Covid-19 di Tanah Air kembali bertambah. Tercatat pada.

pekanbaru, Senin, 10 Mei 2021
Sebanyak 6 ribu guru sekolah negari dan swasta di Kota Pekanbaru.

kampar, Senin, 10 Mei 2021
Akibat cuaca ekstrim yang menyebabkan tanah longsor yang terjadi di.

inhu, Senin, 10 Mei 2021
Kapolres AKBP Efrizal membagikan paket sembako kepada warga terkena.

etalase, Senin, 10 Mei 2021
Beragam cara dilakukan Bank Rakyat Indonesia (BRI), dalam memaknai.

pekanbaru, Senin, 10 Mei 2021
Penyebaran Covid-19 sampai sekarang belum berakhir. Sebagai.

otomotif, Senin, 10 Mei 2021
Memanjakan para pecinta Toyota, Main Dealer Toyota di wilayah Riau,.

Otomotif