14 Zulqaidah 1442 H / Kamis, 24 Juni 2021
Kepala BRGM Tanam Mangrove di Dumai
BRGM Identifikasi Lokasi Percepatan Rehabitasi Mangrove Riau
dumai | Minggu, 25 April 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : Linda
Kepala BRGM RI, Ir Hartono, bersama Kepala Dinas DLHK Riau, Makmun Murod, dan Sekdako Dumai, Herdi Salioso, melakukan penanaman magrove di pantai Kelurahan Basilam, Kecamatan Sungai Sembilan, Dumai. (ist)

PEKANBARU -  Lokasi kritis kawasan mangrove atau hutan bakau terus bertambah setiap tahun di Indonesia. Saat ini, 600 ribu hektare mangrove mengalami kerusakan, dan harus direhabilitasi.

Selain menyebabkan abrasi, kerusakan mangrove berdampak pada berkurangnya luas wilayah daratan di pesisir Indonesia. Rehabilitasi mangrove dilakukan sebagai upaya memulihkan kembali lingkungan

Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Republik Indonesia, Ir Hartono, mengatakan Provinsi Riau merupakan satu dari tiga provinsi yang punya banyak mangrove, selain Papua dan Kalimantan Barat. Namun, 220 ribu hektare mangrove Riau mengalami kerusakan.

"Dari identifikasi beberapa pulau besar di Riau dan Kepri terabrasi. Luasnya berkurang karena mangrove rusak," jelas Hartono  di Kelurahan Basilam Baru, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Provinsi Riau, Sabtu (24/4/2021).

Kunjungan ke Provinsi Riau merupakan yang pertama kali dilakukan Hartono sejak menjabat Kepala BRGM RI. Kedatangan ke Bumi Lancang Kuning untuk mengidentifikasi lokasi-lokasi yang perlu dipercepat untuk dilakukan rehabilitasi.

"Kami juga memverifikasi banyak kelompok-kelompok masyarakat yang dari dulu berkomitmen melakukan rehabilitasi mangrove. Bahkan sudah melakukan aksi nyata, seperti Pak Darwis," kata Hartono

Darwis adalah Ketua Pengelola Wisata Hutan Bandar Bakau Kota Dumai.  Dia sudah melakukan rehabilitasi dan penyemaian mangrove  jauh sebelum BRGM terbentuk di Indonesia. "Belum ada infotmasi saja sudah melakukan persemaian mangrove," kata Hartono.

Dia menegaskan,  tidak semua mangrove bisa dimanfaatkan untuk ekonomi. Ada   yang harus dimanfaatkan untuk kelestarian lingkungan, seperti  perlindungan abrasi atau tsunami, perlindungan biota laut dan penyimpanan carbon agar pemanasan global tidak terlalu cepat.

BRGM RI, lanjut Hartono, diberi tugas oleh Presiden Joko Widodo untuk merehabilitasi magrove dalam 4 tahun. Pada 2021, ada 83 ribu hutan magrove harus direhabilitasi sebelum Lebaran. "Paling lama setelah lebaran," ucap Hartono

Program itu bekerja dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemen PU dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

"Masyarakat dirangkul bersama stakeholder untuk melakukan percepatan rehabitasi gambut untuk empat tahun ke depan. Ada pemda, NGO, BUMD dan Kementerian. Kita kerja keroyokan," tutur Hartono.

Provinsi Riau menjadi salah satu area target rehabilitasi mangrove BRGM dengan luas area  155.540 hektare. BRGM berusaha mendorong dan memotivasi masyarakat yang sudah memiliki kepedulian untuk turut bekerjasama dalam upaya melestarikan mangrove.

Pada kunjungan, Hartono bersama Kepala Dinas DLHK Riau, Makmun Murod, dan Sekdako Dumai, Herdi Salioso melakukan penanaman mangrove di pinggir pantai Basilam Baru, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai.*

 




Artikel Terbaru
politik, Kamis, 24 Juni 2021
'Nyapres 2024', menganalisa terkait potensi peta koalisi partai.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih mengkaji rencana penambahan.

hukum, Kamis, 24 Juni 2021
Motif pembunuhan Siti Hamidah warga Tapung, Kampar yang jasadnya.

nasional, Kamis, 24 Juni 2021
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan jumlah.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memberikan bantuan.

siak, Kamis, 24 Juni 2021
Budaya Melayu memang sangat melekat dalam kehidupan masyarakat Riau,.

inhu, Kamis, 24 Juni 2021
Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIK beserta rombongan melaksanakan.

otomotif, Kamis, 24 Juni 2021
Memberikan kemudahan serta keuntungan bagi masyarakat Riau, PT.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Penerbang pesawat tempur F-16 TNI AU dan F-16 United State Pacific.

etalase, Kamis, 24 Juni 2021
Dorong para pemuda Rumbai Pekanbaru berwira usaha, Universitas.

Otomotif