14 Zulqaidah 1442 H / Kamis, 24 Juni 2021
Bersama Warga Bergerak Cepat Menyelamatkan Mangrove di Dumai
dumai | Minggu, 25 April 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : Linda
DISKUSI - Kepala BRGM RI, Ir Hartono, berdiskusi dengan Kelompok Tani Hutan Alam Wana Lestari, kelurahan Basilam Baru, Kecamatan Sungai Sembilan, Dumai, Sabtu (24/4/2021). (linda)

DUMAI - Matahari berada tepat di atas kepala. Namun teriknya tidak membuat Darwis M Saleh surut berhenti memberi semangat kepada masyarakat untuk melakukan penyemaian dan penanaman mangrove di Kelurahan Basilam Baru, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai.

Tidak hanya di Kelurahan Basilam Baru, semangat penyelamatan mangrove juga dilakukan pria yang akrab disapa Datuk Darwis  di daerah pantai lainnya di Kota Dumai. Seperti di  Sungai Senepis, Kelurahan Batu Teritip yang hutan mangrove-nya cukup kritis.

Darwis merupakan seorang pejuang konservasi hutan mangrove yang telah 22 tahun mengabdikan diri untuk melestarikan mangrove di Provinsi Riau. Beliau pun berhasil membuat kawasan mangrove menjadi salah satu alternatif wisata di Kota Dumai. 

“Target saya tiap penyelamat mangrove bisa mandiri dan sejahtera.” ungkap Datuk Darwis, Ketua Pengelola Wisata Hutan Bandar Bakau Kota Dumai, saat diskusi dengan Kepala BRGM Ri, Ir Hartono, di Kelurahan Basilam Baru, Sabtu (24/4/2021).

Tak hanya menanam dan merawat hutan mangrove, Darwis secara langsung turun tangan membangun dan mengajar para kelompok tani hutan untuk dapat menanam mangrove dengan baik dan benar.

Menurutnya menanam mangrove tak seharusnya hanya menjadi sarana pelestarian lingkungan, melainkan juga menjadi pelestarian budaya yang penting untuk dijaga keberlangsungannya.  “Pelestarian mangrove dan lingkungan seharusnya dikerjakan semua orang,” kata Darwis 

Dijelaskan pria paruh baya itu, kerusakan mangrove di Dumai sudah mencapai 2000 hektare dari Kecamatan Medang Kampai ke Sungai Sembilan. Kerusakan terjadi karena berbagai pola kebiasaan masyarakat, seperti pembayaran tambak, perbuatan arang dan tata ruang.

Gagalnya pembuatan tambak di kawasan mangrove menyebabkan kerusakan 200 hektare hutan mangrove. "Selama ini pembuat arang selalu jadi tertuduh, sedangkan pembuat tambak didiamkan, apalagi yang ilegal," ungkap Darwis.

Dengan adanya program BRGM, kata Darwis, akan mempermudah masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani hutan menyelamatkan kawasan mangrove. "Yang paling rusak itu Senepis sedangkan Medang Kampai sudah diplot sebagai kawasan industri dan wisata," tutur Darwis yang sudah mengisiasi penyelamatan mangrove sejak tiga bulan lalu.
 
Dia berharap kepada masyarakat didampingi untuk penyelamatan rehabitasi mangrove cukup tiga tahun. Setelah itu masyarakat bisa mandiri dan mengerti manfaat menanam mangrove.

Pentingnya melestarikan kawasan mangrove sudah sangat disadari oleh masyarakat. Mengingat besarnya area yang hilang akibat abrasi air laut yang merugikan dan mengancam keberlangsungan pulau-pulau terluar di Indonesia. 

Kepala BRGM RI, Ir Hartono, menyampaikan, sinergi dan kolaborasi program rehabilitasi mangrove dengan pemda, LSM dan masyarakat  penting dilakukan. "Ini tugas kita bersama." ujarnya.

Hal serupa juga diserukan oleh Direktur Pengendalian Kerusakan Perairan Darat KLHK, Sri Handayaningsih. “Pemulihan ekosistem mangrove membutuhkan komitmen dari berbagai pihak, tidak hanya mengandalkan sektor pemerintah tapi kami juga mendorong sektor non pemerintah untuk dapat terlibat," tuturnya. 

Provinsi Riau menjadi salah satu area target rehabilitasi mangrove BRGM dengan luas area  155.540 hektare dari total 600 ribu hektar target rehabilitasi mangrove di Indonesia. Rehabilitasi dilakukan dalam 4 tahun ke depan.

 BRGM berusaha mendorong dan memotivasi masyarakat yang sudah memiliki kepedulian untuk turut bekerjasama dalam upaya melestarikan mangrove dan menyelamatkan pulau-pulau yang terkena dampak abrasi air laut. 

Mangrove juga memainkan peranan penting dalam pengendalian iklim dunia, sebagai ekosistem pesisir yang menyimpan karbon lebih besar dari hutan daratan. Bila mangrove  lestari maka kesejahteraan masyarakat pun akan dapat meningkat.




Artikel Terbaru
politik, Kamis, 24 Juni 2021
'Nyapres 2024', menganalisa terkait potensi peta koalisi partai.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih mengkaji rencana penambahan.

hukum, Kamis, 24 Juni 2021
Motif pembunuhan Siti Hamidah warga Tapung, Kampar yang jasadnya.

nasional, Kamis, 24 Juni 2021
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan jumlah.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memberikan bantuan.

siak, Kamis, 24 Juni 2021
Budaya Melayu memang sangat melekat dalam kehidupan masyarakat Riau,.

inhu, Kamis, 24 Juni 2021
Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIK beserta rombongan melaksanakan.

otomotif, Kamis, 24 Juni 2021
Memberikan kemudahan serta keuntungan bagi masyarakat Riau, PT.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Penerbang pesawat tempur F-16 TNI AU dan F-16 United State Pacific.

etalase, Kamis, 24 Juni 2021
Dorong para pemuda Rumbai Pekanbaru berwira usaha, Universitas.

Otomotif