12 Zulqaidah 1442 H / Selasa, 22 Juni 2021
Bandara SSK II Pekanbaru Klaim Tak Layani Penerbangan Internasional Sejak 2020
pekanbaru | Rabu, 5 Mei 2021
Editor : hidayat | Penulis : Cr1
Bandara SSK II Pekanbaru.(int)

PEKANBARU - Bandara SSK II Pekanbaru sejak 2020 lalu tidak melayani penerbangan internasional. Bahkan hingga saat ini rute tersebut belum dibuka.

Executive General Manager (EGM) Angkasa Pura II Bandara SSK II Pekanbaru Yogi Prastyo Suwandi mengatakan hingga saat ini pihaknya hanya melayani perjalanan domestik saja. "Kita haya melayani penerbangan domistik saja," tuturnya Rabu (05/05/2021).

Disinggung terkait adanya 12 orang  Wisatawan Mancanegara (wisman) yang datang ke Provinsi Riau, dimana 8 diantaranya masuk lewat Bandara SSK II Pekanbaru pada Maret 2021 lalu dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Riau, Yogi tak mau berkomentar banyak. Ia hanya menyarankan untuk melakukan konfirmasi langsung kepada pihak yang berwenang. BPS atau Imigrasi. 

Terkait hal itu, Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Riau Agus Nuwibowo menjelaskan memang rujukan data yang menjadi sumber rilis BPS adalah dari tingkat pusat.

"Data yang kami gunakan sebagai rujukan termasuk kedatangan wisatawan mancanegara, adalah dari pusat. Misalnya untuk wisman adalah dari imigrasi yang diakses langsung dari pusat," ujarnya 

Dia mengakui sistem pendataan wisman tersebut adalah setiap ada warga negara asing yang masuk ke Indonesia, dan bukan dengan tujuan bekerja tapi masuk kategori wisatawan mancanegara. Data ini menurutnya semuanya terintegrasi secara online ditingkat pusat dan daerah.

Dia menambahkan terkait belum dibukanya jalur penerbangan dan pelayaran internasional ke wilayah Riau, memang untuk jadwal reguler belum dibuka sama sekali oleh pemerintah dan pihak terkait. Agus mengakui saat ini masih menjadi pertanyaan bagi pihaknya adalah bila memang penerbangan reguler masih dilarang, tapi penerbangan charter diperkirakan masih tetap bisa masuk ke Indonesia termasuk Riau.

"Jadi sebenarnya seperti larangan mudik ini kan dibatasi keluar masuk suatu daerah tetapi kalau ada kasus khusus itu boleh melintas," jelasnya.*




Artikel Terbaru
pekanbaru, Selasa, 22 Juni 2021
Perlombaan Sippa Dhamma Samajja (SDS) Tingkat Nasional VIII Tahun.

pekanbaru, Selasa, 22 Juni 2021
Panitia kurban Idul Adha 1442 H/2021 M diminta mentaati protokol.

potensa, Selasa, 22 Juni 2021
Setelah beberapa pekan mengalami penurunan, minggu ini harga tandan.

hukum, Selasa, 22 Juni 2021
Bersama 500 butir pil ekstasi, 19 kilogram sabu asal Malaysia.

etalase, Selasa, 22 Juni 2021
Lulus Program WFD, Siap Bersaing di Dunia Kerja dan Wirausaha

dunia, Selasa, 22 Juni 2021
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte mengatakan warga yang menolak.

sportainment, Selasa, 22 Juni 2021
Laga Grup B Euro 2020 selesai dimainkan. Hasilnya, Belgia melaju.

rohul, Selasa, 22 Juni 2021
Tiga dari 16 kecamatan di Rokan Hulu (Rohul) saat ini masih masuk.

pekanbaru, Selasa, 22 Juni 2021
Satuan Polisi Militer (Satpom) Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin.

pekanbaru, Selasa, 22 Juni 2021
Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir.

Otomotif