14 Zulqaidah 1442 H / Kamis, 24 Juni 2021
Dishub Bengkalis Keluarkan Edaran, 1 Syawal Aktivitas Pelabuhan Ro-Ro Dihentikan
bengkalis | Rabu, 5 Mei 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : zul
Roro Bengkalis.

BENGKALIS - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis menetapkan pada 1 Syawal 1442 Hijriah seluruh aktivitas di pelabuhan Ro-Ro dihentikan. Sehingga pada hari pertama lebaran ini, tidak ada aktifitas penyeberangan baik dari pelabuhan Ro-Ro Air Putih maupun pelabuhan Ro-Ro Sei Selari.

Keputusan itu tertuang dalam surat Nomor 550/DIHUB/V/2021/215, tanggal 5 Mei 2021 yang ditandatangan Kepala Dinas Perhubungan, Djoko Edy Imhar. Salah satu pertimbangannya, agar tidak terjadi kerumunan massa dalam jumlah besar yang dapat memicu penyebaran Covid-19.

“Makanya, pada hari raya pertama atau 1 Syawal 1442 Hijriah, kita memutuskan untuk menutup pelabuhan Ro-Ro Air Putih dan Sungai Selari,” ungkap Kepala Dishub Bengkalis, Djoko Edy Imhar, Rabu (5/5).

Surat tersebut ditujukan kepada Kepala UPT Penyeberangan Dishub Kabupaten Bengkalis, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Batam, Manager Cabang PT Jembatan Nusantara, Manager Cabang PT Atosim Lampung Pelayanan Bengkalis. Dalam surat itu diminta operator pelabuhan penyeberangan dan angkutan penyeberangan untuk dapat menginformasikan kepada pengguna jasa, sejak dini.

Djoko mengatakan, alasan penutupan pelabuhan Ro-Ro merujuk pada pengalaman tahun sebelumnya, terjadi penumpukan atau kepadatan penumpang setelah Salat Ied sampai malam hari. Untuk mengurai dan menghindari penumpukan tersebut, maka Dishub Bengkalis menghentikan seluruh aktivitas di pelabuhan Ro-Ro.

“Intinya pada hari raya pertama, selanjutnya pada hari raya kedua pelabuhan Ro-Ro kembali beroperasi sebagaimana biasanya,” ungkap Djoko.

Disinggung langkah-langkah antisipasi pada hari raya kedua dan seterusnya, Djoko mengatakan, sebagai langkah antisipasi kerumuman penumpang, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19, seperti memakai masker, mengatur jumlah penumpang agar tidak terjadi penumpukan dan mengatur jarak.

Untuk memaksimalkan pelayanan penyeberangan Ro-Ro Air Putih-Sungai Selari, mulai 6-17 Mei 2021 akan diberlakukan pelayanan 24 jam. Langkah ini, bentuk komitmen pasangan Bupati Kasmarni dan Wakil Bupati (Wabup) Bagus Santoso memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya pengguna jasa penyeberangan.

“Dengan penerapan pelayanan 24 jam Ro-Ro Air Putih dan Sungai Selari, masyarakat yang ingin menyeberang bisa dimanfaatkan waktu-waktu senggang, guna menghindari kerumunan,” pungkasnya.*




Artikel Terbaru
politik, Kamis, 24 Juni 2021
'Nyapres 2024', menganalisa terkait potensi peta koalisi partai.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih mengkaji rencana penambahan.

hukum, Kamis, 24 Juni 2021
Motif pembunuhan Siti Hamidah warga Tapung, Kampar yang jasadnya.

nasional, Kamis, 24 Juni 2021
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan jumlah.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memberikan bantuan.

siak, Kamis, 24 Juni 2021
Budaya Melayu memang sangat melekat dalam kehidupan masyarakat Riau,.

inhu, Kamis, 24 Juni 2021
Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIK beserta rombongan melaksanakan.

otomotif, Kamis, 24 Juni 2021
Memberikan kemudahan serta keuntungan bagi masyarakat Riau, PT.

pekanbaru, Kamis, 24 Juni 2021
Penerbang pesawat tempur F-16 TNI AU dan F-16 United State Pacific.

etalase, Kamis, 24 Juni 2021
Dorong para pemuda Rumbai Pekanbaru berwira usaha, Universitas.

Otomotif