12 Zulqaidah 1442 H / Selasa, 22 Juni 2021
Libur Lebaran, Semua Destinasi Wisata di Zona Merah dan Oranye Ditutup
pekanbaru | Kamis, 6 Mei 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : rivo
ilustrasi

PEKANBARU - Selama libur lebaran Idul Fitri 1442 H tahun 2021, seluruh tempat wisata di Riau yang masuk dalam zona merah dan oranye tidak boleh di buka. Hal tersebut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat, Kamis (6/5/2021).

"Mengingat tambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Riau yang tinggi, serta  menindaklanjuti arahan pusat, semua objek wisata yang masuk dalam zona merah dan oranye wajib ditutup selama masa libur lebaran," sebutnya.

Ia mengaku bpihaknya telah menginformasikan hal tersebut kepada Kepala Dinas Pariwisata kabupaten/kota di Riau, melalui surat nomor 556/DPAR-DP-SU/0360, perihal antisipasi penyebaran Covid-19 di destinasi wisata.

"Kami telah menyurati Dinas Pariwisata kabupaten/kota di Provinsi Riau untuk dapat segera menindaklanjuti hal tersebut kepada pengelola destinasi wisata untuk menutup destinasi wisata yang berada di zona merah dan zona oranye selama masa libur lebaran. Ini merupakan upaya pemerintah untuk dapat menekan penyebaran kasus positif Covid-19," ujarnya.

Selain itu, sambungnya, bagi  destinasi wisata yang berada di zona kuning dan zona hijau dapat membuka tempat wisata, dengan membatasi jumlah kunjungan hanya 50 persen saja dari kapasitas pengunjung serta juga memperketat protokol kesehatan.

"Membuat pemberitahuan larangan bagi pekerja dan pengunjung yang memiliki gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokkan atau sesak nafas untuk tidak masuk ke destinasi wisata. Kemudian mengatur kembali jam operasional, memperbanyak media informasi protokol kesehatan Covid-19 (wajib 5 M, mengukur suhu tubuh, wajib memakai masker, jaga jarak minimal 1 meter dengan memberi tanda di lantai dan mencuci tangan)," jelasnya.

Seterusnya mengoptimalkan ruang terbuka untuk mencegah terjadinya kerumunan dan pengaturan alur pengunjung diseluruh lokasi destinasi wisata. Lalu menerapkan protokol kesehatan kepada pengunjung dan karyawan/pekerja. Berpartisipasi aktif mengingatkan pengunjung untuk menggunakan masker dan menjaga jarak serta melakukan pengawasan kepada pengunjung dan karyawan selama jam operasional.

Selain itu, Roni juga meminta kepada masyarakat agar bisa menahan diri untuk tidak datang ke tempat-tempat yang berisiko tinggi, hal ini demi kepentingan bersama serta juga upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.*

 
 




Artikel Terbaru
pekanbaru, Selasa, 22 Juni 2021
Perlombaan Sippa Dhamma Samajja (SDS) Tingkat Nasional VIII Tahun.

pekanbaru, Selasa, 22 Juni 2021
Panitia kurban Idul Adha 1442 H/2021 M diminta mentaati protokol.

potensa, Selasa, 22 Juni 2021
Setelah beberapa pekan mengalami penurunan, minggu ini harga tandan.

hukum, Selasa, 22 Juni 2021
Bersama 500 butir pil ekstasi, 19 kilogram sabu asal Malaysia.

etalase, Selasa, 22 Juni 2021
Lulus Program WFD, Siap Bersaing di Dunia Kerja dan Wirausaha

dunia, Selasa, 22 Juni 2021
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte mengatakan warga yang menolak.

sportainment, Selasa, 22 Juni 2021
Laga Grup B Euro 2020 selesai dimainkan. Hasilnya, Belgia melaju.

rohul, Selasa, 22 Juni 2021
Tiga dari 16 kecamatan di Rokan Hulu (Rohul) saat ini masih masuk.

pekanbaru, Selasa, 22 Juni 2021
Satuan Polisi Militer (Satpom) Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin.

pekanbaru, Selasa, 22 Juni 2021
Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir.

Otomotif