22 Zulhijjah 1442 H / Minggu, 1 Agustus 2021
Perayaan Waisak Saat Pandemi di PBSM, Umat yang Beribadah Datang Bergantian
huawen | Rabu, 26 Mei 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : wsl
Pimpinan PBSM sekaligus Ketua Mapanbumi Riau, Maha Pandita Wiweka Dharma saat penyalaan lilin lima warna.

PEKANBARU - Perayaan Waisak 2565 Buddhist Era (BE) pada Rabu (26/5/2021) di Pusdiklat Bumi Suci Maitreya (PBSM) Jalan Bukit Barisan III via Jalan Riau Ujung, Pekanbaru berlangsung sederhana. Jumlah umat yang datang dibatasi hanya 30 persen dari kapasitas.

"Perayaan Waisak 2565 BE berlangsung sederhana, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Umat yang datang dianjurkan bergantian dan dibatasi untuk menghindari kerumunan," kata Sekretaris Majelis Pandita Buddha Maitreya Indonesia (Mapanbumi) Riau, Hosan S Sos SAg MM didampingi Wakil Sekretaris II Mapanbumi Riau, Ket Tjing BA S Ag.

Selain itu, lanjutnya, beberapa kegiatan ditiadakan, salah satunya pemandian Buddharupang. Untuk ibadah lainnya juga dibatasi, seperti penyalaan lilin 5 warna yang hanya dihadiri para pandita dan pengurus vihara. Kemudian pihak PBSM sudah menghimbau umat Buddha untuk beribadah dari rumah," tambahnya.

"Umat yang datang juga menjalani serangkaian proses protokol kesehatan. Mulai dari pengecekan suhu tubuh, menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan, menjaga jarak dan wajib memakai masker," terangnya.

Meskipun perayaan Waisak berlangsung sederhana, lanjutnya, namun hikmah dalam perayaan Waisak tetap dapat diambil. Dimana kita perlu terus menjalankan Buddha Dharma yang telah diajarkan oleh Sang Buddha kepada kita, terutama mengembangkan cinta kasih terhadap orang lain.

Sementara itu, Pimpinan PBSM sekaligus Ketua Mapanbumi Riau, Maha Pandita Wiweka Dharma menambahakan, Waisak merupakan hari raya utama dalam agama Buddha, yang bertujuan untuk memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Sidharta Gautama, yakni lahirnya Pangeran Siddhartha Gautama, Petapa Gautama Mencapai Penerangan Sempurna dan Sang Buddha mencapai Parinibbana.

"Di momen Waisak ini, kita mengharapkan pandemi Covid-19 cepat berakhir dan aktifitas masyarakat kembali normal seperti biasanya. Kita menghimbau umat Buddha untuk terus menjaga Prokes dan sukseskan vaksinasi," ungkapnya.*

 




Artikel Terbaru
nasional, Sabtu, 31 Juli 2021
Positif COVID-19 di Tanah Air masih terud bertambah. Pada Sabtu,.

sportainment, Minggu, 1 Agustus 2021
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan gagal menyumbangkan medali bagi.

etalase, Minggu, 1 Agustus 2021
Industri 4.0 yang marak saat ini sangat erat kaitannya dengan.

pekanbaru, Sabtu, 31 Juli 2021
Vaksinator dari RSAU dr Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin berkolaborasi.

etalase, Sabtu, 31 Juli 2021
ibu hamil sudah dapat diperbolehkan vaksinasi.

dunia, Sabtu, 31 Juli 2021
Uji coba yang mencampurkan dosis pertama vaksin Sputnik V Rusia dan.

hukum, Minggu, 1 Agustus 2021
Pengacara kondang Razman Arif Nasution yang merupakan kuasa hukum.

pekanbaru, Sabtu, 31 Juli 2021
Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Jumat (30/7/2021) meninjau vaksinasi.

etalase, Sabtu, 31 Juli 2021
Masyarakat yang mendiami 11 desa di Kabupaten Indragiri Hulu,.

bengkalis, Sabtu, 31 Juli 2021
Sesosok mayat berjenis kelamin perempuan ditemukan mengapung di Taman.

Otomotif