22 Zulhijjah 1442 H / Minggu, 1 Agustus 2021
Menag RI Buka SDS Tingkat Nasional Secara Virtual
pekanbaru | Selasa, 22 Juni 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : wsl
Pembukaan di SKA Co Ex Pekanbaru dan secara resmi dibuka Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI), Yaqut Cholil Qoumas secara virtual.

PEKANBARU - Perlombaan Sippa Dhamma Samajja (SDS) Tingkat Nasional VIII Tahun 2021 digelar di Pekanbaru mulai tanggal 21 hingga 25 Juni 2021. Pembukaan secara resmi dilakukan secara virtual oleh Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI), Yaqut Cholil Qoumas, Selasa (22/6/2021).

Kegiatan dilaksanakan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Buddha Kementerian Agama Republik Indonesia berlangsung di Swiss Bellin dan SKA Co Ex Pekanbaru.

Dalam kata sambutannya, Menag mengatakan, event merupakan suatu kebanggan bagi siswa, karena merupakan orang-orang terpilih yang memiliki ilmu pengetahuan. Diharapkan para siswa dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan.

Menag berpesan, kegiatan jangan hanya dimaknai sekedar kompetisi, namun hendaknya dapat memperkuat keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian menghargai setiap perbedaan.

Sementara itu, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau support dengan kegiatan SDS tingkat nasional. "Mudah-mudahan menjadi sarana untuk meningkatkan persaudaraan," tambahnya.

Dirjen Bimas Buddha Kemenag RI, Caliadi menambahkan, Sippa Dhamma Samajja merupakan ajang bagi siswa siswi Agama Buddha untuk melakukan unjuk kreativitas, keterampilan, kemahiran dan keahlian dalam Dhamma.

Lomba siswa siswi tingkat SD, SMP, dan SMA/K yang merupakan perwakilan terbaik dari 34 provinsi di Indonesia. Adapun bidang lomba yang dipertandingkan Dhamma Gita (Menyanyi Lagu Rohani Buddha) Putra dan Putri, Dhammavijja (Cerdas Cermat), Dhamma Vikata (Cerita Bergambar), Dhammapada (Membaca Syair), Dhammakatha (Pidato Buddhis) dan Dhammakkhayika (Bercerita Buddhis).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, SDS berlangsung di tengah Pandemi Covid-19. Hal ini mengharuskan Ditjen Bimas Buddha mengambil langkah-langkah pelaksanaan Sippa Dhamma Samajja dengan hibrid melalui konsep daring dan luring serta dilakukan secara terbatas. Hal ini untuk menunjukkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, semua panitia dan Juri telah dilakukan swab rapid antigen.

Pembukaan SDS VIII di SKA Co Ex turut dihadiri Kakanwil Kemenag Riau, Mahyudin, para Pembimas Buddha dari seluruh Indonesia, Ketua FKUB Riau, Ketua Persatuan Umat Buddha Indonesia (PERMABUDHI) Riau, Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) Riau, Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau, dan para tokoh Buddhis/masyarakat lainnya.*

 




Artikel Terbaru
nasional, Sabtu, 31 Juli 2021
Positif COVID-19 di Tanah Air masih terud bertambah. Pada Sabtu,.

sportainment, Minggu, 1 Agustus 2021
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan gagal menyumbangkan medali bagi.

etalase, Minggu, 1 Agustus 2021
Industri 4.0 yang marak saat ini sangat erat kaitannya dengan.

pekanbaru, Sabtu, 31 Juli 2021
Vaksinator dari RSAU dr Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin berkolaborasi.

etalase, Sabtu, 31 Juli 2021
ibu hamil sudah dapat diperbolehkan vaksinasi.

dunia, Sabtu, 31 Juli 2021
Uji coba yang mencampurkan dosis pertama vaksin Sputnik V Rusia dan.

hukum, Minggu, 1 Agustus 2021
Pengacara kondang Razman Arif Nasution yang merupakan kuasa hukum.

pekanbaru, Sabtu, 31 Juli 2021
Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Jumat (30/7/2021) meninjau vaksinasi.

etalase, Sabtu, 31 Juli 2021
Masyarakat yang mendiami 11 desa di Kabupaten Indragiri Hulu,.

bengkalis, Sabtu, 31 Juli 2021
Sesosok mayat berjenis kelamin perempuan ditemukan mengapung di Taman.

Otomotif